HANISAH ANDRIANI, 12204193232 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Disposisi Matematis Pada Siswa Kelas VIII di UPT SMP Negeri 1 Srengat” ini ditulis oleh Hanisah Andriani, NIM. 12204193232, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, SPLDV Kemampuan pemecahan masalah harus menjadi fokus utama dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah dianggap penting karena dapat membantu siswa membangun kepercayaan diri dalam menghadapi masalah dan menjadikan siswa siap untuk menghadapi segala tantangan di dunia nyata. Temuan di lapangan menunjukkan setiap siswa masih memiliki kekurangan dalam proses pemecahan masalah. Disposisi matematis dipandang dapat membantu pendidik dalam mengukur hasil belajar siswa, sehingga pendidik dapat mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki setiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika materi SPLDV siswa kelas VIII SMP yang memiliki disposisi matematis tinggi. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika materi SPLDV siswa kelas VIII SMP yang memiliki disposisi matematis sedang. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika materi SPLDV siswa kelas VIII SMP yang memiliki disposisi matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-E UPT SMP Negeri 01 Srengat. Penentuan subjek berdasarkan hasil skor angket disposisi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah dengan materi SPLDV, dan wawancara. Proses analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, sampai dengan menarik kesimpulan dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan temuan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Siswa dengan kategori disposisi matematis tinggi mampu menyelesaikan semua soal dan menerapkan empat langkah pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. (b) Siswa dengan kategori disposisi matematis sedang mampu menyelesaikan dua soal dan menerapkan empat langkah pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. (c) Siswa dengan kategori disposisi matematis rendah mampu menyelesaikan satu soal dan menerapkan tiga langkah pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Hanisah 12204193232 Andriani |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 07:54 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36128 |
Actions (login required)
View Item |