ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL BOYOLANGU

RIZKA MEGANISA ARDANA, 12402183143 (2023) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Boyolangu” ditulis oleh Rizka Meganisa Ardana, NIM. 12402183143, Pembimbing Risdiana Himmati, M.Si. Pasar merupakan suatu tempat untuk kegiatan jual beli. Dalam menjalankan aktivitas perdagangan, diperlukan etika bisnis Islam. Namun, masih banyak diantara pedagang yang belum menerapkan etika bisnis Islam dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak ditemukan pasar yang melakukan tindakan penyimpangan akibat perilaku pedagang. Di Pasar masih ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam, misalnya manipulasi barang, terdapat pedagang yang memaksa pembeli untuk membeli barang dagangannya. Selain itu, terdapat juga pedagang yang memberikan pelayanan yang kurang ramah. Etika bisnis Islam ini berperan penting dalam kegiatan berdagang karena dapat dijadikan sebagai pedoman untuk para pedagang. Etika bisnis Islam yang memiliki beberapa prinsip ini harus dipahami dan diterapkan oleh para pedagang. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pemahaman etika bisnis islam pada pedagang di Pasar Tradisional Boyolangu?. 2) Bagaimana penerapan etika bisnis islam pada perilaku pedagang di Pasar Tradisional Boyolangu dalam menjalankan aktivitas perdagangan?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman etika bisnis Islam pada pedagang di Pasar Tradisional Boyolangu masih kurang, sebagian pedagang belum sepenuhnya memahami etika bisnis Islam dengan baik. Pemahaman pedagang hanya sebatas hal-hal dasar atau umum yang digunakan dalam kegiatan perdagangan. 2) Penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Pasar Tradisional Boyolangu belum sepenuhnya diterapkan. Hal ini dikarenakan masih terdapat pedagang yang menjalankan kegiatan perdagangannya tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Masih ditemukan pedagang yang tidak menyamakan harga antar pembeli, mempersuasi pembeli, bersikap kurang ramah, dan lain-lainnya. Namun, terdapat juga pedagang yang sudah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan perdagangangnya. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pasar, Perilaku Pedagang

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183143 RIZKA MEGANISA ARDANA
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:56
Last Modified: 08 Jun 2023 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item