PENGARUH BUDAYA MADRASAH, PROMOSI, DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA BLITAR

FIKRIA RIFQI ZAHARA, 12850121015 (2023) PENGARUH BUDAYA MADRASAH, PROMOSI, DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Budaya Madrasah, Promosi, dan Citra Lembaga terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Memilih Sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar” ini ditulis oleh Fikria Rifqi Zahara dengan Pembimbing Dr.Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni M.Ag. Kata Kunci: Budaya Madrasah, Promosi, Citra Lembaga, Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, perlu adanya upaya yang dilakukan oleh setiap Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar untuk memperkuat daya saingnya. Hal itu perlu dilakukan agar Madrasah tersebut banyak menjadi pilihan bagi setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang Madrasah Tsanawiyah, dengan melalui peningkatan budaya madrasah, promosi, dan citra lembaga dalam pengambilan keputusan bagi siswa memilih sekolah. Berdasarkan masalah yang dijadikan fokus penelitian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana budaya madrasah, promosi dan citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 2) Adakah hubungan antara budaya madrasah, promosi, dan citra lelmbaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 3) Adakah hubungan pengaruh budaya madrasah terhadap promosi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 4) Adakah hubungan antara pengaruh promosi terhadap citra lembaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 5) Adakah hubungan antara budaya madrasah terhadap citra lembaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 6) Apakah ada pengaruh budaya madrasah terhadap pengambilan keputusan siswa memilih sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 7) Apakah ada pengaruh promosi terhadap pengambilan keputusan siswa memilih sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 8) Apakah ada pengaruh citra lembaga terhadap pengambilan keputusan siswa memilih sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 9) Apakah ada pengaruh budaya madrasah, promosi, dan citra lembaga secara bersama-sama terhadap pengambilan keputusan siswa memilih sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 10) Apakah ada pengaruh antara budaya madrasah terhadap pengambilan keputusan siswa memilih sekolah melalui promosi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 11) Apakah ada pengaruh antara budaya madrasah pengambilan keputusan siswa memilih sekolah melalui citra lembaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar?; 12) Apakah ada pengaruh antara promosi terhadap melalui pengambilan keputusan siswa memilih sekolah melalui citra lembaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Blitar? Adapun jenis pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alasan penggunaan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini adalah karena penelitian ini bermaksud menguji hipotesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Penelitian ex-post facto merupakan penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variablel bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Teknik pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan penyebaran kuesioner dengan 258 responden, observasi, dan dokumentasi terhadap siswa kelas VII MTsN Se-Kota Blitar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Budaya madrasah, promosi, citra lembaga pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Blitar sudah terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan budaya madrasah yang secara terus menerus dilaksanakan; 2) Berdasarkan Uji Koefisien Determinasi (R2) yang digunakan untuk melihat kontribusi (besarnya sumbangan) variabel bebas, yaitu budaya madrasah (X1), variabel promosi (X2) dan citra lembaga (X3) terhadap variabel terikat yaitu pengambilan keputusan (Y) diperoleh nilai sebesar sebesar 0,724 atau sama dengan 72,4%.;3) Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.572 artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel budaya madrasah dengan promosi keduanya kuat dan berkorelasi positif atau hubungan keduanya searah; 4) Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.466 artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara promosi dengan citra lembaga cukup kuat dan berkorelasi positif atau hubungan keduanya searah; 5) Dipelroleh angka koefisien korelasi sebesar 0.527 artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara budaya madrasah dengan citra lembaga keduanya cukup kuat dan berkorelasi positif atau hubungan keduanya searah; 6) Berdasarkan dari hasil analisis data pada tabel di atas hasil uji t diperoleh nilai thitung = 16.223 dengan taraf nilai signifikan α = 0.05 maka diperoleh ttabel = 1.650 sehingga thitung = 16.223 > ttabel = 1.650. Artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel budaya madrasah (X1) terhadap pengambilan keputusan (Y). Sedangkan kontribulsi (besarnya sumbangan) variabel budaya madrasah (X1) terhadap pengambilan keputusan (Y). pengaruh variabel budaya madrasah (X1) terhadap pengambilan keputusan (Y) sebesar 50.7%; 7) Berdasarkan dari hasil analisis data pada tabel di atas hasil uji t diperoleh nilai thitulng = 18.025 dengan taraf nilai signifikan α = 0.05 maka diperoleh ttabel = 1.650 sehingga thitung = 18.025 > ttabel = 1.650. Artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan secara variabel promosi (X2) terhadap pengambilan keputusan (Y). Sedangkan kontribusi (besarnya sumbangan) variabel promosi (X2) terhadap pengambilan keputusan (Y) besarnya pengaruh variabel promosi (X2) telrhadap pengambilan keputusan (Y) sebesar 55.9%; 8) Berdasarkan dari hasil analisis data pada tabel di atas hasil uji t diperoleh nilai thitung = 13.825 dengan taraf nilai signifikan α = 0.05 maka diperoleh ttabell = 1.650 sehingga thitung = 13.825 > ttabel = 1.650. Artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel citra lembaga (X3) terhadap pengambilan keputusan (Y). Sedangkan kontribusi (besarnya sumbangan) variabel citra lembaga (X3) terhadap pengambilan keputusan (Y) . Pengaruh variabel citra lembaga (X3) terhadap pengambilan keputusan (Y) sebesar 42.7%; 9) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) diperoleh F hitung sebesar 221.968 dengan signifikansi (Sig.) 0,000. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara budaya madrasah, promosi, dan citra lembaga secara bersama-sama terhadap pengambilan keputusan siswa; 10) Pengaruh X1 terhadap Y melalui X2 terdapat rumus (PYX1) x (PYX2) x (rX1X2) diperoleh data terdapat pengaruh tidak langsung budaya madrasah (X1) terhadap pengambilan keputusan (Y) melalui promosi (X2) sebesar 7,8 %. Jadi ada pengaruh antara budaya madrasah terhadap pengambilan keputusan melalui promosi pada MTsN Se-Kota Blitar; 11) Pengaruh X1 terhadap Y melalui X3 terdapat rumus (PYX1) x (PYX3) x (rX1X3) diperoleh data terdapat pengaruh tidak langsung budaya madrasah (X1) terhadap pengambilan keputusan (Y) melalui citra lembaga (X3) sebesar 4,6%. Jadi ada pengaruh antara budaya madrasah terhadap pengambilan keputusan melalui citra lembaga pada MTsN Se-Kota Blitar; 12) Pengaruh X2 terhadap Y melalui X3 terdapat rumus (PYX2) x (PYX3) x (rX2X3) diperoleh data terdapat pengaruh tidak langsung promosi (X2) terhadap pengambilan keputusan (Y) melalui citra lembaga (X3) sebesar 5,9%. Jadi ada pengaruh antara promosi terhadap pengambilan keputusan melalui citra lembaga pada MTsN Se-Kota Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121015 FIKRIA RIFQI ZAHARA
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:16
Last Modified: 15 Jun 2023 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36450

Actions (login required)

View Item View Item