PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTS NU JOHO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2021-2022

IKHTIYARUL MASLAKHATIN, 12204183145 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTS NU JOHO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2021-2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ikhtiyarul Maslakhatin, 12204183145, 2022, “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII MTs NU Joho Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2021-2022” Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Aptitude Treatment Interaction (ATI), Media Question Card, Hasil Belajar Matematika, Aritmetika Sosial Seringkali perlakuan yang sama diberikan kepada semua siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sementara itu, keadaan kelas pada umumnya berbeda (heterogen) dalam kemampuan dan bakatnya. Akibatnya, siswa tidak dapat memaksimalkan kemampuan atau bakat yang dimilikinya di dalam kelas. Sehingga hasil belajar siswa khususnya matematika kurang memuaskan. Salah satu model pembelajaran matematika yang memberikan perlakuan, perhatian dan layanan pendidikan berdasarkan kemampuan siswa adalah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Model pembelajaran ATI juga dapat dipadukan dengan penggunaan media belajar, salah satunya kartu pertanyaan yang sering disebut dengan media Question Card. Melalui model dan media pembelajaran ini proses pembelajaran menjadi efektif karena perlakuan yang diberikan sesuai dengan kemampuan siswa secara individu. Sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimental dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU Joho Kabupaten Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,002 dimana 0,002 < 0,05 dan nilai thitung yang diperoleh 3,238 dengan nilai ttabel = 2,017 dimana 3, 238 > 2,017 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar matematika siswa kelas adalah 0,98 dengan interpretasi nilai Cohen’s 84%, dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183145 IKHTIYARUL MASLAKHATIN
Date Deposited: 29 Jun 2023 01:41
Last Modified: 29 Jun 2023 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36642

Actions (login required)

View Item View Item