RIZZA PUTRI FANDILA, 12401193169 (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, TINGKAT MARGIN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PEMBIAYAAN BAI BITSAMAN AJIL PADA BMT ISTIQOMAH KARANGREJO DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Skripsi berjudul “Pengaruh Pengetahuan, Tingkat Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Bai Bitsaman Ajil Pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung”, yang ditulis oleh Rizza Putri Fandila, NIM 12401193169, Prodi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai produk terkhusus pembiayaan bai bitsaman ajil di BMT, sedangkan pengetahuan nasabah penting karena apa yang dibeli, dimana harus membeli dan kapan membeli tergantung pada pengetahuan konsumen, agar sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. LKMS dituntut untuk memperbaiki fasilitas maupun kualitas pelayanan agar BMT mampu bersaing dengan lembaga keuangan syariah yang lain. Tidak hanya itu penentuan harga pun menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian konsumen, yang dikenal dengan istilah tingkat Margin pada lembaga BMT. Margin yakni tambahan keuntungan yang diperoleh Bank atau Lembaga Keuangan Syariah pada transaksi yang menggunakan akad jual beli. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji secara signifikan pengaruh pengetahuan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung (2) untuk menguji signifikan pengaruh tingkat margin terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil (3) untuk menguji secara signifikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil (4) untuk menguji secara simultan pengaruh pengetahuan, tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiasif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 321 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung (2) tingkat margin berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah (3) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah (4) variabel pengetahuan, tingkat margin dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan bai bitsaman ajil pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Muamalah Tulungagung. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pembiayaan Bai Bitsaman Ajil, Pengetahuan, Tingkat Margin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Putri Rizza |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 06:36 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36814 |
Actions (login required)
View Item |