ATHA ARDA SAFIRA, 12205193180 (2023) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITANMEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI MIAL HIDAYAHII BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Atha Arda Safira, dengan NIM. 12205193180, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Dr.Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci:Peran Guru, Kesulitan Membaca, Kelas Kontekspenelitian ini membahas tentang peran guru pada suatu pendidikan.Peranan guru sangat penting dalam proses pembelajaran, peran guru sangat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan tingkah laku, seperti siswa yang mengalami kesulitan membaca. Peran yang dimaksud membantu siswa dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa. Oleh karena itu perlu pemecahan masalah dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada kelas rendah khususnya di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir. Fokuspenelitian ini antara lain:(1)Peran guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas rendah diMIAlHidayahIIBetak Kalidawir (2)Peran guru sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas rendah diMIAlHidayahIIBetakKalidawir (3)Peran guru sebagai inisiator dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas rendah di MIAlHidayahIIBetakKalidawir Metodepenelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian ini menghasilkan beberapa dari peran guru. 1) Peran guru sebagai motivator yaitua. Guru memberikan dorongan motivasi b. Guru menciptakan suasana yang menyenangkan c. Guru memberikan penilaian kepada siswa d. Guru memberikan pujian dan hadiah, 2) Peran guru sebagai fasilitator yaitu:a. Guru memfasilitasi sumber belajar b. Guru menggunakan media pembelajaran c. Guru menciptakan lingkungan yang kondusif d. Guru memfasilitasi ekstra calistung, 3) Peran guru sebagai inisiator yaitu :a. Guru menunjukan sikap terpuji, dengan diwujudkan dalam ucapan dan perbuatan guru agar bisa ditiru oleh siswanya b. Guru menguasai materi, guna siswa dapat menerima materi secara utuh dan mudah dipahami c. Guru menggunakan metode yang bervariasi d. Guru bereksperimen dengan melibatkan siswa, agar siswa tidak jenuh dengan pembelajaran.Dengan proses pembelajaran keterampilan berbahasa, siswa akan belajar keterampilan menyimak, membaca, menulis sehingga pesan yang disampaikan dapat tercapai sesuai tujuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193180 Atha Arda Safira |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 01:56 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37121 |
Actions (login required)
View Item |