ALFIANA FRIDHA ALLYZA, 12206193115 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI TARI TURONGGO YAKSO PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA 3 KARANGREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Alfiana Fridha Allyza. 2023. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik melalui Tari Turonggo Yakso pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Susanto, M.Or Kata Kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Kinestetik, Tari Turonggo Yakso. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa aspek pendidikan tidak hanya terfokus kepada aspek kognitif maupun afektif akan tetapi juga pada aspek psikomotorik. Kecerdasan kinestetik merupakan bagian kemampuan psikomotorik, sehingga juga merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Kecerdasan kinestetik dapat dikembangkan melalui tari Turonggo Yakso di lembaga TK Dharma Wanita 3 Karangrejo. Fokus penelitian ini adalah untuk (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui Tari Turonggo Yakso di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo, (2) Bagaimana hambatan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui Tari Turonggo Yakso di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo, (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui Tari Turonggo Yakso di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui tari Turonggo Yakso pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo adalah perencanaan yang memuat tentang penyusunan RPPH, penentuan materi pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Pelaksanaan dengan menggunakan strategi metode bercerita, metode bercakap-cakap dan metode demonstrasi. Dan evaluasi dilakukan dengan pengamatan (observasi) secara langsung terhadap perilaku dan sikap anak. Pelaporan hasil belajar anak dalam bentuk rangkuman tiap bulan dan dituangkan kedalam rapor kurikulum merdeka. (2) Hambatan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui tari Turonggo Yakso pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo adalah faktor cuaca, media pembelajaran mengalami gangguan, kurang adanya kesungguhan peserta didik dalam mempelajari tari, konsentrasi anak kurang dan sering badmood dan anak sering bermain sendiri dalam pembelajaran Tari Turonggo Yakso. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui tari Turonggo Yakso pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 3 Karangrejo adalah memberikan kegiatan praktik langsung tari Turonggo Yakso di dalam kelas, menggunakan alat bantu ketika LCD mengalami gangguan, memberi semangat, dukungan dan memberikan reward atau hadiah, ketika konsentrasi anak kurang dan sering badmood. diselingi dengan game singkat, ketika anak sering bermain sendiri, menegur anak dengan kalimat yang positif dan mengajak anak dengan sabar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran tari Turonggo Yakso dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik anak untuk melatih, membimbing, memotivasi, menstimulus, serta mengarahkan kepada anak agar anak memiliki kecerdasan kinestetik yang baik secara khusus pada aspek koordinasi, keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan. Strategi guru merupakan peran yang penting. Dimana guru mempersiapkan materi yang mudah sehingga dapat diikuti oleh anak, metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak, dan juga sarana pendukung yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Walaupun ada beberapa hambatan, guru tetap bisa menyelesaikan dengan berbagai solusi yang menarik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 2023 12206193115 Alfiana Fridha Allyza |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37380 |
Actions (login required)
View Item |