PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X PADA MATERI USAHA (kerja) DAN ENERGI DI MAS AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG

FRISCA KARISMA WATI, 12211193087 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X PADA MATERI USAHA (kerja) DAN ENERGI DI MAS AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Kelas X Pada Materi Usaha (kerja) Dan Energi di MAS Al Fattahiyyah Tulungagung” ditulis oleh Frisca Karisma Wati, NIM. 12211103087, Prodi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siwa. Penelitian dilakukan di MAS Al Fattahiyyah Tulungagung dengan latar belakang rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa, khususnya pada bab Usaha (kerja) dan Energi. Model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran kurang bervariasi masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional membuat siswa kurang aktif. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran dimana guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan sesuatu untuk dirinya sendiri, karena dengan menemukan sendiri memungkinkan siswa untuk memahami lebih dalam. Tujuan penelitian (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep fisika kelas X pada materi usaha (kerja) dan energi di MAS Al Fattahiyyah Tulunggaung. (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika kelas X pada materi usaha (kerja) dan energi di MAS Al Fattahiyyah Tulunggaung. Dan (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar fisika kelas X pada materi usaha (kerja) dan energi di MAS Al Fattahiyyah Tulunggaung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain nonequivalent control group design dengan penerapan pre-test dan post-test. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MAS Al Fattahiyyah Tulungagung, total 174. Sampel diambil dengan teknik Sampling Purporsive. Kelas X IPA A kelas eksperimen dan X IPA B kelas kontrol. Kelas X IPA A sebanyak 28 siswa diperlakukan model discovery learning. Sedangkan, kelas X IPA B sebanyak 28 siswa menggunakan model konvensional. Setiap kelas diberi pre-test dan post-test yang sama. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisi data mengunakan uji Idependent Samples T-Test dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian (1) hasil uji Independent Sample T-Test, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa pada meteri Usaha (kerja) dan Energi di MAS Al Fattahiyah Tulungagung. (2) Hasil uji Independent Sample T-Test, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada meteri Usaha (kerja) dan Energi di MAS Al Fattahiyah Tulungagung. (3) Hasil uji MANOVA, dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada meteri Usaha (kerja) dan Energi di MAS Al Fattahiyah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: PENGARUH M 12211193087 FRISCA KARISMA WATI
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:37
Last Modified: 22 Jul 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37850

Actions (login required)

View Item View Item