MANAJEMEN BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DI MAN 2 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALWI YAHYA, 12207193023 (2023) MANAJEMEN BAURAN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Alwi Yahya, NIM. 12207193023, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, M.Pd.I. Kata kunci: Manajemen, Bauran pemasaran, Minat peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat dalam upaya menarik minat peserta didik terutama di tingkat SMA. Upaya yang dapat dilakukan agar lembaga pendidikan mampu bersaing yaitu dengan melakukan manajemen bauran pemasaran. Manajemen bauran pemasaran, dimaksudkan untuk menciptakan kondisi pemasaran yang stabil dan efektif dalam menarik minat peserta didik. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tulungagung merupakan salah satu Madrasah Aliyah di Tulungagung yang mampu mendominasi minat peserta didik khususnya diantara beberapa Madrasah Aliyah yang ada di Tulungagung. Hal ini karena MAN 2 Tulungagung melakukan manajemen bauran pemasaran produk, harga, lokasi, dan promosi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen bauran pemasaran pendidikan di MAN 2 Tulungagung dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung sudah dipersiapkan dengan matang dimulai dari kegiatan penetapan tujuan, analisis pasar, segmentasi, targeting, positioning, serta merencanakan setiap elemen bauran 4P (Product, Price, Place, Promotion); (2) pelaksanaan strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung dilakukan dengan strategi bauran 4P (Product, Price, Place, Promotion). bauran produk (product) MAN 2 Tulungagung menawarkan program berbasis unggulan baik akademik maupun ekstrakurikuler, bauran harga (price) menawarkan biaya yang terjangkau dan diimbangi kualitas, memberikan reward kepada calon siswa berprestasi, bauran lokasi (place) strategis, mudah dijangkau, nyaman, bersih dan aman, bauran promosi (promotion) dengan memanfaatkan media digital website sekolah dan media sosial, melalui pengadaan event, promosi dari mulut ke mulut, dan menjalin hubungan baik dengan stakeholder sekolah dan alumni; (3) Evaluasi strategi bauran pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MAN 2 Tulungagung sudah dilakukan dengan baik evaluasi dilakukan dengan mengevaluasi elemen-elemen bauran pemasaran yang dijalankan, yakni 4P (Product, Price, Place, Promotion). Evaluasi bauran produk (product) dengan upaya peningkatan kualitas melalui pelatihan guru, penilaian siswa, pemantauan prestasi, dan rapat koordinasi bersama lembaga, evaluasi bauran harga (price) biaya yang ditetapkan sudah sesuai dengan nilai/kualitas layanan yang ditawarkan dengan mempertimbangkan faktor dari dalam dan dari luar, evaluasi bauran lokasi (place) sudah strategis, mudah dijangkau, nyaman dan didukung dengan sistem kontrol layanan yang baik, evaluasi bauran promosi (promotion) sudah berjalan dengan efektif dengan terus melakukan inovasi dan menginformasikan capaian dan prestasi sekolah dengan memanfaatkan media digital berupa website sekolah dan media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193023 Muhammad Alwi Yahya
Date Deposited: 31 Jul 2023 13:28
Last Modified: 31 Jul 2023 13:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37977

Actions (login required)

View Item View Item