SUSIANI, 1755144032 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SEKECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]
|
Text
1. COVER.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB VI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (78kB) |
||
Text
9. ANGKET PENELITIAN.pdf Download (100kB) |
||
Text
10. Lampiran 2.pdf Download (274kB) |
||
Text
11. Lampiran.pdf Download (17kB) |
||
|
Text
12. uji validitas.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
13. Hasil uji spss.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
14. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
15. batas PERBAB BERWARNA.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
16. batas LAMPIRAN22.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Susiani. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sekecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. Agus Eko Sujianto, SE., M.M dan 2) Dr. H. Munardji, M.Ag Kata Kunci: Metode Problem Solving, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh guru lebih sering menggunakan model pembelajaran biasa atau langsung dengan metode ceramah yang berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan tidak optimal menggunakan potensi yang dimilikinya. Kegiatan belajar hanya sebatas mendengar, memperoleh dan menyerap informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga prestasi belajar yang diharapkan pun tidak tercapai. Penggunaan metode pembelajaran problem solving sebagai salah satu usaha untuk mengatasi keadaan siswa yang membutuhkan suasana yang baru, sehingga pembelajaran tidak lagi menjemukan dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penggunaan metode pembelajaran Problem Solving, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa? 2) Apakah penggunaan metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? 3) Apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? 4) Apakah penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? 5) Apakah terdapat perbedaan penggunaan pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa? Metode penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis eksperimen kuasi (quasi experiment), populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hasyim Asya’ri Wonoanti Gandusari Trenggalek yaitu kelas IV A kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan Kelas IV B kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis uji t-tes dan regresi berganda. Hasil penelitiannya adalah 1) Berdasarkan hasil analisis data tentang penggunaan metode pembelajaran problem solving, motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa a) adanya kecenderungan metode pembelajaran problem solving dengan kriteria sangat baik yaitu 11 atau 37% siswa b) adanya kecenderungan motivasi belajar dengan kriteria sangat baik yaitu 13 atau 57% siswa, dan c) kecenderungan prestasi belajarnya pada tingkat penguasaan sangat baik yaitu 15 atau 50% siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hasyim Asya’ri Wonoanti Gandusari Trenggalek. 2) Penggunaan metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan metode pembelajaran problem solving lebih kecil dari pada probabilitas yaitu thitung > ttabel (3.975 > 2.052). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan metode pembelajaran problem solving adalah 0.026 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,026< 0,05). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 3) Ada pengaruh motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi t untuk variabel motivasi belajar lebih kecil dari pada probabilitas t hitung > t tabel (2.564 > 2.052). Nilai signifikansi t untuk variabel motivasi belajar adalah 0.016 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,016 < 0,05), hal ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 4) Ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan yaitu Fhitung (12.012 > Ftabel (3.354) dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 5) Ada perbedaan penggunaan pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dari perolehan pengujian uji t thitung 2.796 > ttabel 1.609, sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-tailed) adalah 0,009. Hal ini menunjukkan ada perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755144032 SUSIANI |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 03:03 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3802 |
Actions (login required)
View Item |