FAKHRUL SISWANDA, 12405183131 (2023) STRATEGI PENGUSAHA KULINER DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI LAYANAN GRABFOOD (Studi Kasus Pengusaha Kuliner Skala Kecil di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Skripsi “Strategi Pengusaha Kuliner Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Layanan GrabFood (Studi kasus Pengusaha Kuliner Skala Kecil di Tulungagung)” ini ditulis oleh Fakhrul Siswanda NIM 12405183131, dan dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan usaha di era modern yang menjadi semakin ketat dan hal tersebut membuat para wirausaha khususnya para penjual makanan untuk terus berinovasi guna meningkatkan penjualan mereka. Dengan hadirnya GrabFood di Tulungagung memberikan beragam dampak khususunya memberikan tempat berjualan secara virtual dan mempertemukan para penjual makanan dengan konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; 1) Bagaimana strategi pengusaha kuliner dalam menngkatkan penjualan melalui layanan GrabFood di Tulungagung, 2) Bagaimana dampak dari penerapan strategi pengusaha kuliner skala kecil dalam meningkatkan penjualan melalui layanan GrabFood di Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik snowball sampling. Sampel pertama yang diambil adalah saran dari beberapa driver grab dengan diakhiri pada penentuan tempat lokasi dan narasumber utama yakni pemilik Ayam Bahagia dan Geprek Cinta. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi pada warung virtual pada aplikasi GrabFood. Pengelolaan data adalah reduksi dan penalaran data menggunakan triangulasi dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi yang digunakan oleh Ayam Bahagia dan Geprek Cinta dalam memanfaatkan layanan GrabFood guna meningkatkan penjualan mereka adalah strategi jemput bola, strategi bundling product, strategi evaluasi produk berdasarkan komentar konsumen dan strategi inovasi pengembangan produk. 2) Selain itu dampak positif yang diberikan adalah para penjual makanan dapat menjangkau lebih banyak konsumen melalui promosi yang lebih murah, selain itu memberikan layanan jasa antar yang gratis. Demikian juga dampak negatif yang diberikan adalah kenaikan pendapatan atau penjualan sangat berbanding lurus dengan peraturan grab dalam menaikkan biaya layanan mereka. Kata Kunci: GrabFood, Strategi Penjualan, Warung Makanan, Dampak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 08:52 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 08:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38056 |
Actions (login required)
View Item |