ZUNITA HIDAYATUL MUKAROMA, 17204163160 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLTV DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MBTI SISWA MAN 3 BLITAR TAHUN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Skripsi jengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator ( MBTI ) Siswa MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Zunita Hidayatul Mukaroma, NIM. 17204163160, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian, Polya. Matematika salah satu mata pelajaran yang sangat efektif untuk digunakan dalam proses pemecahan suatu masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan upaya untuk mencari jalan keluar dalam mencapai suatu tujuan, juga memerlukan kesiapan, kreatifitas, kemampuan dan pengetahuan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa MAN ditinjau dari tipe kepribadian Myer Brigss Type Indicator (MBTI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis analisis. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas X MIA 3 MAN 3 Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2020. Pengambilan subjek menggunakan tekhnik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari tipe kepribadian MBTI dari 4 tipe kepribadian dapat dilihat bahwa tipe kepribadian yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang paling baik yaitu tipe kepribadian Rational, karena subjek tipe ini mampu melewati semua indikator pemecahan masalah yang diberikan, dapat dikatakan bahwa nilai memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan subjek lain. Adapun penjabaran dari setiap kepribadian dengan tipe kepribadian guardian cenderung lama dalam mengamati masalah, kemudian pada tahap menyelesaikan masalah memakan waktu cukup banyak namun sangat hati-hati dalam mengerjakan soal, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian rational sudah dapat melewati semua tahapan, dari memahami masalah, merencanakan, menyelesaikan perencanaan, dan membuat kesimpulan dengan baik, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian artisan terburu-buru dan kurang teliti dalam mengerjakan soal, sehingga pada tahap menyelesaikan rencana jawaban kurang maksimal, kemampuan pemecahan masalah dengan tipe kepribadian idealist bisa menyelesaikan semua tahapan namun kurang sempurna, dalam tahap perencanaan berhasil menerapkan beberapa idenya namun bernilai kurang tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 17204163160 ZUNITA HIDAYATUL MUKAROMA |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 06:40 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38671 |
Actions (login required)
View Item |