ALFINA NIKMATU NADA, 12405193139 (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kristika Laundry Cabang Jabang Kras Kediri). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Kristika Laundry Cabang Jabang Kras Kediri)” ini ditulis oleh Alfina Nikmatu Nada NIM. 12405193139 Pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan industri laundry yang signifikan, diperkirakan meningkat hingga 50%. Peristiwa ini didukung oleh peningkatan pendapatan, jumlah penduduk, teknologi, trend dan aksesibilitas yang membuat pelanggan mudah mengakses jasa laundry. Dalam penelitian ini peneliti melihat adanya hubungan antara strategi pemasaran industri laundry dalam mempertahankan loyalitas konsumen di Kristika Laundry Cabang Kras Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kristika Laundry dalam mempertahankan loyalitas konsumen, untuk menganalisa kendala dan solusi dalam menerapkan strategi pemasaran Kristika Laundry untuk mempertahankan loyalitas konsumen, serta untuk menganalisa dampak dari penerapan strategi pemasaran oleh Kristika Laundry dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada objek penelitian yaitu Kristika Laundry. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kristika Laundry adalah dengan menerapkan bauran pemasaran berupa 7P yang terdiri dari Produk (Product), Harga (Price), Lokasi (Place), Promosi (Promotion), Orang atau Sumber Daya Manusia (People), Proses (Process), dan Layanan Pelanggan (Customer Service). Adapun kendala yang dialami oleh Kristika Laundry dalam menerapkan strategi pemasaran ialah persaingan, keluhan dari pelanggan dan masyarakat yang sudah memiliki mesin cuci sendiri. Sedangkan untuk solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala tersebut adalah promosi, jaminan dan variasi produk jasa. Serta dampak dalam menerapkan strategi pemasaran oleh Kristika Laundry dalam mempertahankan loyalitas konsumen dengan aspek bauran pemasaran 7P ialah peningkatan omzet penjualan yang diakibatkan aspek promosi yang dilakukan pemilik. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan media sosial melalui platform TikTok. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Usaha Jasa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Customer Ekonomi > Entrepreneur Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Gaya Hidup Ekonomi > Harga Ekonomi > Kinerja Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Promosi Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193139 Alfina Nikmatu Nada |
Date Deposited: | 17 Aug 2023 10:01 |
Last Modified: | 17 Aug 2023 10:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38932 |
Actions (login required)
View Item |