ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLTV KELAS X SMA NEGERI 1 PACE NGANJUK

HILYA AFIDA HAYYA, 12204193119 (2023) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLTV KELAS X SMA NEGERI 1 PACE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLTV Kelas X SMA Negeri 1 Pace Nganjuk” ditulis oleh Hilya Afida Hayya, NIM. 12204193119, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.Perlu adanya peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada peserta didik dalam menyelesaikan masalah dikarenakan peserta didik belum terbiasa mengerjakan soal berbasis HOTS. HOTS menjadi salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Menurut taksonomi bloom revisi, HOTS meliputi kemampuan menganalisis, mengevaluasi, serta mengkreasi. Rendahnya nilai PISA pada bidang matematika di Indonesia dikarenakan kelemahan peserta didik di Indonesia ialah ketidakmampuanya ketika menghadapi permasalahan yang memerlukan HOTS. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana HOTS peserta didik yang memiliki kemampuan akademik matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV kelas X SMA Negeri 1 Pace Nganjuk. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana HOTS peserta didik yang memiliki kemampuan akademik matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV kelas X SMA Negeri 1 Pace Nganjuk. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana HOTS peserta didik yang memiliki kemampuan akademik matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV kelas X SMA Negeri 1 Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Pace Nganjuk dengan subjek penelitian 6 peserta didik berdasarkan nilai PTS dan hasil tes. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: (1) Peserta didik dengan kemampuan akademik matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator HOTS (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV. (2) Peserta didik dengan kemampuan akademik matematika sedang cukup mampu memenuhi semua indikator HOTS (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV. (3) Peserta didik dengan kemampuan akademik matematika rendah belum mampu memenuhi semua indikator HOTS (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193119 Hilya Afida Hayya
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:05
Last Modified: 21 Aug 2023 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39008

Actions (login required)

View Item View Item