ARIF MUSTAQIM, 12506194069 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN (Studi Multisitus di MA Darul Falah Sumbergempol dan MA Al Fatahiyyah Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Program Tahfidz Al Qur’an (Studi Multisitus MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA Al Fatahiyyah BoyolanguTulungagung)” ini ditulis oleh Arif mustaqim dengan Pembimbing I. Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. dan Pembimbing II, Dr. Muhammad Muntabihun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Prestasi Belajar, Tahfidz Al Qur’an Hafalan al qur’an membantu konsentrasi dan syarat mendapat ilmu. Memiliki efek pengembangan dasar pada siswa serta meningkatkan pendidikan dan prestasi akademis. Strategi guru PAI memiliki keterkaitan kuat dengan tujuan pembelajaran. Hal ini menjadi tugas besar guru dalam meningkatkan prestasi belajar penghafal al quran dengan menggunakan strategi yang tepat dan efektif .Sehingga apa yang disampaikan guru dapat dikuasai. Adapun madrasah yang guru PAI menerapkan strategi dalam meningkatkan prestasi belajar melalui program tahfidz al quran adalah MA Darul Falah dan MA Al Fatahiyyah. Kedua lembaga tersebut sama mempunyai program unggulan yaitu program tahfidz al quran. Dari sinilah yang melatar belakangi penelitian ini. . Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara guru PAI mengidentifikasi kepribadian peserta didikdalam meningkatkan prestasi belajar melalui program Tahfidz Al Qur’an di MA Darul Falah dan MA Al Fatahiyyah? ; (2) Bagaimana pendekatan guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Program Tahfidz Al Qur’an MA Darul FALAH dan MA Al Fatahiyyah? ; (3)Bagaimana metode dan teknik guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Program Tahfidz Al Qur’an di MA Darul Falah dan MA Al Fatahiyyah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , jenis field research dengan rancangan multisitus. Lokasi penelitian di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA Al Fatahiyyah Boyolangu Tulungagung. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu People, Places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) kepribadian peserta didik dapat diketahui melalui cara mengidentifikasi perilaku awal siswa adalah dengan menggunakan kuesioner, interviu, observasi dan tes (pretest).Kepribadian atau karakter peserta didik juga dapat diketahui melalui respon mereka terhadap proses pembelajaran dan tugas yang diberikan guru, (2) pendekatan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar dengan menerapkan pendekatan individual, kelompok, pembiasaan, keteladanan, pengalaman, dan emosional (3) metode guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar metode hafalan,diskusi, presentasi, tanya jawab, muroja’ah, demontrasi, cerita, metode dikte. Teknik guru dalam meningkatkan prestasi belajar antara lain Everyone is teacher, perdebatan sengit
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194069 ARIF MUSTAQIM |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:59 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40339 |
Actions (login required)
View Item |