STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN UMKM PRODUK MAKANAN OPAK GAMBIR AL KAUTSAR

AMALIA NABILLA, 12402193348 (2023) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN UMKM PRODUK MAKANAN OPAK GAMBIR AL KAUTSAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Omzet Penjualan UMKM Produk Makanan Opak Gambir Al Kautsar” ini ditulis oleh Amalia Nabilla, NIM. 12402193348, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Aswad, M.A. NIP. 197506142008011009. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha yang bergerak dalam bidang makanan ringan tradisional yang tetap eksis dan bertahan di tengah persaingan usaha yang sejenis. Usaha ini sudah sangat berkembang dengan melihat pemasarannya yang sudah sampai luar kota sehingga membuat usaha ini mengalami peningkatan omzet penjualan. Hal tersebut dikarenakan usaha Opak Gambir Al Kautsar melakukan beberapa strategi untuk mengembangkan serta mempertahankan usahanya di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi marketing mix 7P produk Opak Gambir Al Kautsar di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar?, (2) Bagaimana pendekatan analisis SWOT dalam meningkatkan omzet penjualan produk Opak Gambir Al Kautsar di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar?, (3) Bagaimana omzet penjualan atas penerapan strategi marketing mix 7P produk Opak Gambir Al Kautsar di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Sumber data terdiri dari wawancara dengan pemilik, karyawan, dan konsumen Opak Gambir Al Kautsar, serta berkas yang berasal dari jurnal, buku, dan penelitian terdahulu yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yakni Opak Gambir Al Kautsar dalam melakukan kegiatan usahanya menggunakan strategi bauran pemasaran 7P dengan alat pendekatan analisis SWOT. Dalam diagram SWOT posisi Opak Gambir Al Kautsar berada dalam Kuadran 1, di mana dalam kondisi tersebut perusahaan memilih untuk menggunakan strategi SO, ada 4 strategi SO yang dapat dilakukan oleh Opak Gambir Al Kautsar, yaitu melakukan inovasi produk sesuai dengan trand dan permintaan pasar, memberikan pelayanan yang baik agar terbentuk citra positif dan pangsa pasar yang baru, memberikan harga yang terjangkau untuk meningkatkan permintaan konsumen, dan memberikan kualitas produk yang terbaik agar tidak kalah saing dengan pasar modern. Melalui strategi bauran pemasaran 7P dengan memperhatikan lingkungan eksternal dan internal perusahaan melalui alat analisis SWOT, maka akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi untuk meningkatkan omzet penjualan di Opak Gambir Al Kautsar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193348 Amalia Nabilla
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:51
Last Modified: 17 Oct 2023 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40368

Actions (login required)

View Item View Item