ANALISIS STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY AND THREAT TERHADAP STRATEGI BISNIS TROPIS COFFEE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN CAFE-CAFE DI KOTA BLITAR

ZULFA MA'RIFATUL KURNIA SARI, 12405193212 (2023) ANALISIS STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY AND THREAT TERHADAP STRATEGI BISNIS TROPIS COFFEE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN CAFE-CAFE DI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strength, Weakness, Opportunity and Threat terhadap Strategi Bisnis Tropis Coffee dalam Menghadapi Persaingan Café-Café di Kota Blitar” ditulis oleh Zulfa Ma’rifatul Kurnia Sari, NIM 12405193212, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, dengan pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena persaingan bisnis yang dihadapi oleh Tropis Coffee. Adanya budaya atau lifestyle anak muda yang gemar ngopi dan nongkrong menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan coffee shop. Adanya budaya tersebut membuat para pelaku usaha berlomba-lomba membangun bisnis serupa. Oleh karena itu, peneliti memilih Tropis Coffee sebagai objek penelitian. Tropis Coffee merupakan salah satu coffee shop yang lokasinya terletak di pinggiran kota yakni berada di Jalan Kapuas, Bendo, Kota Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan analisis SWOT pada Tropis Coffee sebagai proses pengambilan keputusan strategis? (2) Bagaimana strategi bisnis yang dilakukan Tropis Coffee dalam menghadapi persaingan cafecafe di Kota Blitar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis Tropis Coffee dalam menghadapi persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT selanjutnya memaparkan data, melakukan pengecekan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa berdasarkan perhitungan analisis SWOT menunjukkan posisi Tropis Coffee berada pada kuadran I. Posisi tersebut menunjukkan bahwa Tropis Coffee berada pada situasi yang sangat menguntungkan, dimana kekuatan dan peluangnya lebih besar dibanding kelemahan dan ancaman yang dihadapi. Sehingga strategi yang tepat digunakan adalah strategi agresif. Formulasi strategi yang diterapkan Tropis Coffee adalah strategi SO berupa meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk agar permintaan terus meningkat, memanfaatkan dan menjaga loyalitas pelanggan, sering mengadakan promo untuk menarik pelanggan, meningkatkan daya saing dan melakukan ekspansi pasar dengan melakukan perluasan usaha. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Bisnis, Persaingan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193212 Zulfa Ma'rifatul Kurnia Sari
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:29
Last Modified: 10 Nov 2023 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40807

Actions (login required)

View Item View Item