LINSY NOVINKA, 12402193125 (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pasar Ngemplak di Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Implementasi Pinrip Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Ngemplak di Tulungagung)”, ditulis oleh Linsy Novinka, NIM 12402193125, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Perilaku yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam sering kali dilakukan oleh para pedagang. Pengetahuan akan prinsip etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis atau pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut penulis memilih Pasar Ngemplak Tulungagung sebagai objek karena peneliti melihat secara langsung perilaku pedagang Pasar Ngemplak Tulungagung melakukan beberapa kecurangan dalam melakukan aktivitas perdagangan, seperti menyembunyikan barang cacat, ada yang memberikan harga lebih tinggi dari pasaran dan kurang ramah dalam melayani pembeli. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu “Bagaimana implementasi prinsip etika bisnis Islam pada perilaku pedagang di Pasar Ngemplak Tulungagung?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan software Nvivo 12. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Implementasi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang meneladani lima prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawa, dan prinsip ihsan, bentuk perilakunya yaitu berupa menyertakan niat ibadah dalam berdagang, tidak melupakan sholat wajib, bersedekah, tidak menyembunyikan barang cacat, adil dalam takaran, merespon dengan baik jika ada pembeli yang komplain, bersikap ramah dan memberikan tenggang waktu dalam pembayaran. Kata kunci: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Pasar Ekonomi > Sosial Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402193125 LINSY NOVINKA |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:43 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41282 |
Actions (login required)
View Item |