INOVASI PRODUK BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Bakpia Maharani)

FIKY JULIA RAHMANDANI, 12402193068 (2023) INOVASI PRODUK BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Bakpia Maharani). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Inovasi Produk Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Islam (Studi Kasus pada Bakpia Maharani)” ini ditulis oleh Fiky Julia Rahmandani, Nim. 12402193068, pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M. Si. Pnelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya angka pengangguran di Kabupaten Trenggalek selama kurun waktu tiga tahun dari tahun 2017 hingga 2019, hal tersebut jika dibandingkan dengan Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Tulungagung dan Blitar. Sehingga pemerintah Kabupaten Trenggalek mendorong para pemilik industri kreatif di Kabupaten Trenggalek untuk melakukan inovasi- inovasi produk agar mampu meningkatkan pendapatan, dan menciptakan lapangan pekerjaan. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan Inovasi Produk Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Islam, dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana Inovasi Produk Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Islam pada Bakpia Maharani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dengan wawancara langsung kepada informan. Pengumpulan data yakni menggunakan teknik Wawancara. Teknik Analisis Data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi produk berbasis ekonomi kreatif di Bakpia Maharani menunjukkan bahwa Semakin pelaku usaha Bakpia Maharani meningkatkan kreativitas produknya maka akan semakin banyak minat dari konsumen untuk membeli produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Usaha bakpia maharani menambah dengan memproduksi varian rasa lain pada produk bakpianya, sehingga yang dulunya hanya ada rasa kacang hijau sekarang terdapat beberapa varian rasa baru seperti greent tea, matcha, ubi ungu, dan lain-lain.(2) Peningkatan pendapatan pada Bakpia Maharani ini terus mengalami peningkatan setiap bulannya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara kepada pemilik bahwa dengan adanya inovasi produk yang ada di Bakpia Maharani saat ini mampu meningkatkan omset penjualan per bulannya Selain itu juga berdasarkan pengamatan peneliti bahwa semakin banyaknya pelanggan yang datang setiap harinya serta perekrutan karyawan baru. Peningkatan pendapatan tersebut juga akibat keterlibatan Pemilik Bakpia Maharani dalam pemasaran produk yang dimilikinya di media-media digital sehingga pemasaran Bakpia Maharani memiliki pasar yang luas dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Dalam meningkatkan omset usaha nya Bakpia Maharani ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam dalam hal mengelola, saling menguntungkan satu sama lain, dan bertanggung jawab dengan apa yang di kerjakan. Kata Kunci : Inovasi Produk, Ekonomi Kreatif, Pendapatan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193068 FIKY JULIA RAHMANDANI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:14
Last Modified: 26 Oct 2023 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41447

Actions (login required)

View Item View Item