CINDY YULIS KEZIASARI, 12204193176 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Cindy Yulis Keziasari, NIM. 12204193176, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis, Peluang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia dalam mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas. Selain itu, model pembelajaran tersebut lebih diminati siswa karena mereka beranggapan bahwa dalam mempelajari matematika sangat sulit jika guru tidak menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya. Inilah yang menjadi alasan siswa kecanduan dengan tuntunan sepenuhnya dari guru dan menyebabkan siswa kurang kritis dalam berpikir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Dalam model pembelajaran TPS, siswa diminta untuk berpikir secara mandiri, diskusi bersama pasangannya, dan berbagi hasil diskusi dengan seluruh siswa. Adanya berpikir mandiri dan diskusi secara intensif mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mengevaluasi hasil pengerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek, 2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) tipe Posttest-Only Design with Non-Equivalent Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan yang berjumlah 324. Sampel yang digunakan yakni kelas X-F sebagai kelas ekperimen dan kelas X-G sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yakni dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes berupa posttest dengan materi peluang kejadian saling lepas dan peluang kejadian tidak saling lepas. Analisis data penelitian menggunakan uji-T (Independent Sample T Test) dan perhitungan effect size menggunakan uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Hasil hitung uji-T, diperoleh nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193176 CINDY YULIS KEZIASARI |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 01:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 01:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41528 |
Actions (login required)
View Item |