IMROATUS SHOLIKHAH, 12208193009 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (992kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Imroatus Sholikhah, NIM. 12208193009, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia Rendahnya kemampuan berpikir kritis terlihat saat proses pembelajaran siswa jarang mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat, ataupun memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan. Hasil belajar siswa yang masih rendah dikarenakan beberapa faktor, salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA yang kurang aktif secara maksimal. Dengan demikian perlu adanya inovasi baru dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Dengan diterapkannya model pembelajaran PBL maka siswa akan lebih aktif dalam proses belajarnya yang akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yaitu postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,041 < 0,05. 2) ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,043 < 0,05. 3) ada pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,034 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193009 IMROATUS SHOLIKHAH |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 07:16 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41680 |
Actions (login required)
View Item |