PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 5 KEDIRI

MAHFUDHOH BINTI ZULAIKHOH, 12204193190 (2023) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan, dimana peserta didik masih kurang aktif ketika proses pembelajaran dilakukan. Sehingga dalam suatu proses pembelajaran dibutuhkan suatu model atau strategi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik. Strategi scaffolding diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan self efficacy pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi scaffolding terhadap self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri, dan (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri yang berjumlah 400 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-H yang berjumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G yang berjumlah 41 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji paired sample t-test dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh strategi scaffolding terhadap self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji paired sample t-test dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh strategi scaffolding terhadap pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 5 Kediri. Hal ini dibuktikan oleh uji Multivariate Test yang menunjukkan nilai signifikansinya sebesar 0,006 < 0,05. Dari hasil ini diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193190 MAHFUDHOH BINTI ZULAIKHOH
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:17
Last Modified: 17 Nov 2023 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42022

Actions (login required)

View Item View Item