DEVI TRI KUSUMAWATI, 12204193016 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Devi Tri Kusumawati, NIM. 12204193016, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, disebabkan karena model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, yaitu teacher center. Sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya model PBL (Problem Based Learning). Model PBL (ProblemBased Learning) merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon SumbergempolTulungagung, dan (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon SumbergempolTulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimentdengan desain post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling jenis Purposive Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung kecuali kelas VII-A sebanyak 174siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-Gsebagai kelas kontrol sebanyak 30siswa dan kelas VII-Fsebagai kelas eksperimen sebanyak 32siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dantes. Analisis data menggunakan uji t-testdan uji effect sizedengan bantuan IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung,dan(2) besarnyapengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear satu variabel kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dari hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) sebesar 3,372 yang termasuk dalam kategori besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193016 DEVI TRI KUSUMAWATI |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:34 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43387 |
Actions (login required)
View Item |