PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA DI KELAS VII SMPN 2 PURWOASRI KEDIRI

SITI NUR AIZZAH, 12204183099 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA DI KELAS VII SMPN 2 PURWOASRI KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika di Kelas VII SMPN 2 Purwoasri Kediri” ditulis oleh Siti Nur Aizzah, NIM. 12204183099, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Kontekstual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah, terutama pada masalah kontekstual. Hal ini disebabkan oleh adanya penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru, atau guru berperan lebih aktif saat pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan penyampaian materi. Sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa berperan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang disusun dengan menggunakan masalah nyata sebagai konteks belajar siswa untuk berpikir kritis dan memiliki ketrampilan dalam memecahkan masalah. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika di Kelas VII SMPN 2 Purwoasri Kediri, 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika di Kelas VII SMPN 2 Purwoasri Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimen design. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Populasi sampel penelitian ini adalah kelas VII SMPN 2 Purwoasri yang berjumlah 125 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VII C dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika di Kelas VII SMPN 2 Purwoasri Kediri, 2) Ada pengaruh besar dari penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika di Kelas VII SMPN 2 Purwoasri Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183099 SITI NUR AIZZAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:46
Last Modified: 26 Mar 2024 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43539

Actions (login required)

View Item View Item