FARIKHA KARINA TRISNA, 12209173059 (2024) DAMPAK APLIKASI “SHOPEE” TERHADAP PEREKONOMIAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (STUDI PADA PEDAGANG PASAR WAGE KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dampak Apli kasi “Shopee” terhadap Perekonomian Pedagang Pasar Tradisional (Studi Pada Pedagang Pasar Wage Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Farikha Karina Trisna NIM. 12209173059. Pembimbing: Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Aplikasi “Shopee”, Perekonomian Pedagang. Adanya E-Commerce atau pemasaran secara online membawa dampak tersendiri bagi pedagang pasar tradisional. Pasar tradisional telah dihadapkan dengan pesaing-pesaing modern. E-Commerce kini telah menjadi pilihan para konsumen karena dinilai lebih mudah dan praktis. Terlepas dari dampak aplikasi jual beli online, perekonomian perlu diupayakan oleh pedagang pasar tradisional. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan kondisi perekonomian pedagang pasar dengan adanya aplikasi “Shopee”. (2) Untuk mendeskripsikan mendeskripsikan upaya pedagang pasar untuk menarik pelanggan dan tetap mempertahankan penghasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Memperpanjang waktu kehadiran, (2) Ketekunan atau Keajekan Pengamatan, (3) Tiangulasi, (4) Pemeriksaan teman sejawat, dan (5) Member check. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: 1) Kondisi perekonomian pedagang pasar dengan adanya aplikasi “Shopee” yaitu mengalami penurunan akibat keterbatasan tempat untuk promosi, minim pembeli secara offline, sehingga pendapatan sulit dipastikan prosentasenya. Selain itu, kegagapan pedagang dalam menggunakan aplikasi online shop Shopee berdampak pada hilangnya pelanggan tetap, 2) Upaya pedagang pasar untuk menarik pelanggan dan tetap mempertahankan penghasilannya antara lain pedagang pasar menggunakan whatsapp group sebagai tempat mempromosikan barang dagangan. Para pedagang memperhatikan pelayanan dan kualitas barang yang dipasarkan menjadi strategi pemasaran di pasar wage. Pedagang pasar wage menonjolkan sifat dan karakter yang bagus, seperti jujur dan ramah terhadap pembeli. Selain itu gemar bersosialisasi dapat membantu merubah cara berdagang orang-orang pasar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209173059 FARIKHA KARINA TRISNA |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43574 |
Actions (login required)
View Item |