PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, GAYA HIDUP, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI KABUPATEN TRENGGALEK

INTAN NURLAILATUL NIKMAH, 12402193095 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, GAYA HIDUP, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtig Generasi Z di Kabupaten Trenggalek,” ditulis oleh Intan Nurlailatul Nikmah, NIM 12402193095, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Citra Mulya Sari, M.E. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang menyebabkan perubahan dalam sektor perbelanjaan menjadi semakin modern dan efisien sehingga muncul perilaku konsumtif. Salah satu yang menjadi perhatian perilaku konsumtif adalah generasi Z. generasi Z lebih mementingkan mengikuti trend saat ini dibandingkan membeli barang yang benar-benar mereka butuhkan. Mereka cenderung bertindak secara rasional tanpa memperhatikan kepentingan suatu barang serta tanpa memperhatikan kondisi keuangan mereka. Padahal kebanyakan dari generasi Z masih mengandalkan uang saku dari orang tua. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh media sosial, gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 4) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebar pada responden generasi Z di Kabupaten Trenggalek sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Data kuesioner dianalisis dengan aplikasi SPSS versi 24 menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media sosial, gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 2) Media sosial secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 3) Gaya hidup secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 4) Literasi keuangan secara parsial berpengaruh secara negatif terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. Kata Kunci: Media Sosial, Gaya Hidup, Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Gaya Hidup
Media Sosial
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193095 INTAN NURLAILATUL NIKMAH
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:11
Last Modified: 22 Feb 2024 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43672

Actions (login required)

View Item View Item