PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 KAMPAK

ELVIANA OKTY CHINTIA DEWI, 17204163182 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 KAMPAK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dengan rendahnya motivasi belajar matematika mengakibatkan hasil belajar matematika yang menurun dan masih di bawah KKM. Motivasi dan hasil belajar dapat ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa tidak bosan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas, salah satu model yang dapat digunakan adalah model discovery learning berbasis LKS. Diharapkan melalui model pembelajaran discovery learning berbasis LKS membuat siswa lebih aktif dan siswa dituntut untuk menemukan konsep sendiri sehingga materi akan lebih lama tersimpan di otak dan pembelajaran akan menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis LKS terhadap motivasi belajar matematika materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak, (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak, (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis LKS terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi Trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi exsperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kampak dengan jumlah 225 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samping. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) dengan jumlah masing-masing kelas 36 dan 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis LKS terhadap motivasi belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak. Terbukti dengan nilai signifikasi , (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak. Terbukti dengan nilai signifikasi , (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbasis LKS terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X SMAN 1 Kampak. Terbukti dengan nilai signifikasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163182 ELVIANA OKTY CHINTIA DEWI
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:43
Last Modified: 21 Mar 2024 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44392

Actions (login required)

View Item View Item