تأثير نموذج التّعليم القائم على حل المشكلات على نتائج تعلم الطّلّاب الصّف السّابع فى مادة الخبر المقدّم والمبتدأ المؤخّر في المدرسة المتوسّطة الإسلامية الحكومية الثّانية تولونج أجونج

NINDA FITRIANI DEWI, 12202193057 (2023) تأثير نموذج التّعليم القائم على حل المشكلات على نتائج تعلم الطّلّاب الصّف السّابع فى مادة الخبر المقدّم والمبتدأ المؤخّر في المدرسة المتوسّطة الإسلامية الحكومية الثّانية تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Khobar Muqoddam dan Mubtada’ Muakhkhor Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ninda Fitriani Dewi (12202193057) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sokip, M, Pd.I. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar, Materi Khobar Muqoddam dan Mubtada’ Muakhkhor Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dibandingkan dengan menggunakan variasi model pembelajaran yang lebih efektif lainnya. Sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dibandingkan dengan aktifitas peserta didik. Sehingga peserta didik masih cenderung diam dan pasif dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang efektif untuk mendorong siswa aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah. Dalam model pembelajaran berbasis masalah ini, peserta didik diberikan permasalahan terkait materi yang dipelajari yang berkaitan dengan kehidupan nyata peserta didik untuk dicari penyelesaiannya, sehingga akan meningkatkan motivasi, minat dan keaktifan dan melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Melalui model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelakaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi khobar muqoddam dan mubtada’ muakhkhor kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi khobar muqoddam dan mubtada’ muakhkhor kelas VII di MTsN 2 Tulungagung?. 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada materi khobar muqoddam dan mubtada’ muakhkhor kelas VII di MTsN 2 Tulungagung sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran problem based learning? Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (X) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y) peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose Sampling (teknik pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pada rumusan masalah 1, diketahui t_hitung = 2,132 dan t_tabel= 1,697 sehingga 2,132 < 1,697 dan sig. (2-tailed) = 0,037 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. 2) Pada rumusan masalah 2, pada kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran problem based learning memiliki nilai rata-rata 88,53, sedangkan pada kelas kontrol yang hanya menerapkan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 83,41. Pada kelas eksperimen, sebelum mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran problem based learning, nilai rata-rata siswa pada pretest adalah 75,343 dengan nilai maksimum 85 dan nilai minimum 62, namun setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki nilai rata-rata 88,53 dengan nilai maksimum 100 dan nilai minimum 72 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193057 NINDA FITRIANI DEWI
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:18
Last Modified: 24 Apr 2024 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45052

Actions (login required)

View Item View Item