PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ICE BREAKING DAN KONVENSIONALTERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG

MUZDALIFAH, 12205193260 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ICE BREAKING DAN KONVENSIONALTERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muzdalifah, 2024. “Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Ice Breaking dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata Kunci: Ice Breaking, Konvensional, Hasil Belajar, IPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya beberapa guru yang menyampikan materi pembelajaran dengan menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang kurang membuat siswa terlibat aktif dan bersemangat dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya kurang memuaskan. Maka dari itu, penulis akan melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan ice breaking dan konvensional pada mata pembelajaran IPS. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan ice breaking terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung antara pembelajaran menggunakan ice breaking dengan konvensional. Pendekatan penelitian: Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan ice breaking terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas di IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung dengan hasil uji t test (paired sample t test) nilai signifikansi (2 tailled) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima (2) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. dengan hasil uji t test (paired sample t test) nilai signifikansi (2 tailled) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. (3) Ada perbedaan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung antara pembelajaran menggunakan ice breaking dengan konvensional dengan hasil uji t test (independent sample t test) nilai signifikansi (2 tailled) sebesar 0,46 < 0,05 maka Ha diterima dan perbedaan tersebut berkategori sedang sebesar 0,604 hal ini diketahui menggunakan rumus effect size cohen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193260 MUZDALIFAH
Date Deposited: 29 May 2024 06:08
Last Modified: 29 May 2024 06:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46317

Actions (login required)

View Item View Item