PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lina Dzawir Rif'ah, 2814123107 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian awal.pdf

Download (960kB)
[img] Text
cover luar.pdf

Download (191kB)
[img] Text
bagian awal.pdf

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Lina Dzawir Rif’ah, NIM. 2014123107, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pair Checks Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pair Checks, Masalah Kontekstual, Hasil Belajar Matematika. Siswa menganggap kegiatan pembelajaran matematika selama ini kurang menyenangkan dan kurang diminati karena dianggap sulit. Pembelajaran yang biasanya digunakan guru dalam pembelajaran matematika adalah metode ceramah, siswa tidak memperhatikan pelajaran dikarenakan kebanyakan dari mereka merasa bosan dengan penjelasan yang diberikan apalagi jika pembelajarannya kurang menarik sehingga siswa tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dan sulit untuk memahami materi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan cara diterapkannya model pembelajaran kooperatif pair checks berbasis masalah kontekstual supaya hasil belajar matematika siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif pair checks berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif untuk meneliti data-data yang berupa angka/mengacu pada kuantitas berdasarkan statistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (semu). Dimana variabel bebas X dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif pair checks berbasis masalah kontekstual, sedangkan variabel terikat Y adalah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru yang berjumlah 317 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dan analisis dengan teknik analisis t-test. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran kooperatif pair checks berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung=3.029 dengan db = 70 diperoleh t_tabel =2.000 pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123107 Lina Dzawir Rif'ah
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:44
Last Modified: 30 Jan 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item