ESTITI RIFNGATUL KAMILA, 1880506220018 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN MODERN DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI MEMBACA KITAB KUNING DAN ADAB SANTRI (Study Sequential Exploratory Mixed Method di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (997kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (973kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Kurikulum Pesantren Modern dalam Membentuk Kompetensi Membaca Kitab Kuning dan Adab Santri (Study Sequential Exploratory Mixed Method di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek)”, ditulis oleh Estiti Rifngatul Kamila, NIM. 1880506220018, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: kurikulum pesantren modern, kompetensi membaca kitab kuning, adab santri Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pesantren modern dianggap menghasilkan output santri yang rendah dalam membaca dan memahami kitab kuning dari pada pesantren tradisional. Hal ini karena implementasi pembelajarannya harus memadukan dengan materi umum lainnya. Namun, realita yang terjadi di lapangan, yakni di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek mampu bersaing dengan pesantren salaf dalam bidang kitab kuning. Terkait dengan prestasi yang dimiliki santri, salah satu hal yang dapat mempengaruhi adalah kurikulum yang digunakan oleh lembaga tersebut. Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek juga telah merancang kurikulumnya agar para santri bukan hanya dibekali ilmu pengetahuan umum, namun juga memiliki akhlak mulia melalui materi akhlak atau adab yang terekstrak dalam pembelajaran kitab kuning yang kemudian dibiasakan dalam aktivitas sehari-hari. Pertanyaan penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana metode dan teknik implementasi kurikulum pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (2) Bagaimana evaluasi implementasi kurikulum pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (3) Adakah pengaruh implementasi kurikulum pesantren modern terhadap kompetensi membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (4) Adakah pengaruh implementasi kurikulum pesantren modern terhadap adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (5) Adakah pengaruh implementasi kurikulum pesantren modern terhadap kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (6) Bagaimana implementasi kurikulum pesantren modern dan seberapa baik kualitas implementasi kurikulum pesantren modern di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (7) Bagaimana kompetensi membaca kitab kuning dan seberapa baik kualitas kompetensi membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (8) Bagaimana kondisi adab santri dan seberapa baik kualitas kondisi adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek? (9) Bagaimana perbedaan temuan penelitian terkait implementasi kurikulum pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif? Metode dalam penelitian ini adalah mixed method sequential exploratory design yang dimulai dari tahap penelitian kualitatif kemudian kuantitatif. Tahap pertama berupa pendekatan kualitatif meliputi teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap kondensasi, penyajian data, serta kesimpulan. Tahap kedua dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 344 dan sampel berjumlah 185 responden. Teknik pengambilan data melalui angket berskala likert dan transkip nilai hasil UAS. Analisis data dilakukan melalui tahap pra penelitian yakni uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian pengujian prasyarat analisis dengan uji normalitas,linieritas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis dengan uji t menggunakan bantuan SPSS25 for Windows. Hasil penelitian meliputi: (1) Metode dan teknik implementasi kurikulum pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek melalui: metode ceramah dengan teknik penyajian ceramah, pemberian contoh, dan tanya jawab, metode hafalan dengan teknik bernyanyi dan bimbingan, metode syawir dengan teknik presentasi, tanya jawab, diskusi, pemecahan masalah, dan penemuan, metode bandongan dengan teknik membaca kitab kuning dan penyajian ceramah, metode sorogan dengan teknik menyimak bacaan kitab kuning, koreksi langsung, dan bimbingan. Dalam membentuk adab santri dilakukan melalui: metode keteladanan dengan teknik pemberian contoh secara langsung dan tidak langsung, metode pembiasaan dengan teknik pengulangan, metode pengajaran dengan teknik penyajian ceramah dan pemberian contoh, metode nasihat dengan teknik tanya jawab, bercerita, dan motivasi, metode hukuman dengan teknik pemberian sanksi ringan, sedang, dan berat.(2) Evaluasi implementasi kurikulum pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dilakukan melalui evaluasi hafalan nadzhom dan evaluasi tes, sedangkan evaluasi adab santri dilakukan melalui observasi jumlah absensi. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum pesantren modern terhadap kompetensi membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum pesantren modern terhadap adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi kurikulum pesantren modern terhadap kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 (6) Implementasi kurikulum pesantren modern di Pondok Pesantren Modern Raden Paku dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kuantitatif implementasi kurikulum pesantren modern termasuk dalam kategori baik dengan kecenderungan nilai pada interval 103-114 dan frekuensi sebanyak 96 serta presentase 52%. (7) Kompetensi membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek dapat dilihat dari prestasi santri dan kemampuan membaca kitab kuning, memahami nahwu shorof, dan menerjemahkan. Hasil kuantitatif kompetensi membaca kitab kuning termasuk dalam kategori baik dengan kecenderungan nilai pada interval 37-43 dan frekuensi sebanyak 101 serta presentase 55% (8) Kondisi adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek terlihat dari adab santri kepada guru, adab kepada sesama teman, dan adab ketika belajar yang terlihat baik. Hasil kuantitatif kondisi adab santri termasuk dalam kategori baik dengan kecenderungan nilai pada interval 65-71 dan frekuensi sebanyak 75 serta presentase 41%. (9) Melalui pendekatan kualitatif mampu menjelaskan metode, teknik, serta evaluasi implementasi kurikulum,pesantren modern dalam membentuk kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri. Adapun melalui pendekatan kuantitatif mampu menguji teori bahwa implementasi kurikulum pesantren modern berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Sedangkan, melalui pendekatan mixed method menjelaskan kondisi implementasi kurikulum pesantren modern, kompetensi membaca kitab kuning dan adab santri, serta hasil uji analisis statistik deskriptif dari ketiga variabel tersebut.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220018 ESTITI RIFNGATUL KAMILA |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:12 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47189 |
Actions (login required)
View Item |