Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016

Kholifatul Mahfudiyah, 2814123096 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK KHOLIP TMT.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran Depan.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - lampiran proses fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang tidak menyukai belajar matematika, karena materinya dirasakan sulit sehingga materi pelajaran kurang dipahami dan dimengerti yang dapat menimbulkan siswa menjadi malas belajar matematika. Oleh karena itu, perlunya sebuah metode maupun model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Ketika motivasi belajar siswa meningkat, maka secara otomatis nilai belajar matematika siswa akan menjadi lebih baik. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah dalam belajar matematika. Dengan pemberian model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN I Sumbergempol. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan, yaitu kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Sampel berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali dokumen sekolah dan untuk dokumentasi ketika penelitian berlangsung. Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh thitung= 3,866 > ttabel = 1,671 dengan menggunakan taraf signifikan  = 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh thitung = 2,555 > ttabel = 1,671 dengan menggunakan taraf signifikan  = 0,05. 3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol adalah 8,93% dengan kriteria sangat rendah, sedangkan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol adalah 9,37% dengan kriteria sangat rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123096 Kholifatul Mahfudiyah
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:53
Last Modified: 30 Jan 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item