MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar)

RENDI SATRIAWAN SANDI, 1880501220011 (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multikasus di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar)” ini ditulis oleh Rendi Satriawan Sandi dengan promotor Prof. Dr. H. Achmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen sumber daya manusia, kinerja guru, pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan sekolah. Sistem pendidikan di sekolah sangat bergantung pada sumber daya manusia untuk menjalankan programnya sesuai tujuan sekolah. Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam merencanakan, merekrut, dan membina sumber daya manusia yang tersedia di sekolah guna meningkatkan kinerja guru. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar?; (2) Bagaimana rekrutmen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar?; (3) Bagaimana pembinaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Garum dan SMA IT Walisongo Blitar? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan analisis kebutuhan sumber daya manusia dan menganalisis formasi jabatan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah; (2) Rekrutmen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan menyebarluaskan informasi lowongan guru, seleksi administrasi, tes wawancara, tes tertulis, dan tes mengajar; (3) Pembinaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan membina keterampilan guru, musyawarah guru mata pelajaran, kelompok kerja guru, mengikuti seminar, webinar, melakukan penataran, workshop, pelatihan pembuatan media pembelajaran, pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran, dan pendekatan secara pribadi oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220011 RENDI SATRIAWAN SANDI
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:49
Last Modified: 04 Jul 2024 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47595

Actions (login required)

View Item View Item