MANAJEMEN KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut)

ADHIS UBAIDILLAH, 1761154001 (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut). [ Disertasi ]

[img] Text
Cover Jadi.pdf

Download (982kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Adhis Ubaidillah, 2023, Manajemen Komunikasi Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multikasus di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut), Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor I: Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI, Promotor II: Prof. Dr. Abad Badruzaman, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Komunikasi Sekolah, Perencanaan, Implementasi, Implikasi Kinerja Guru, Kemajuan bagi sekolah adalah sebuah keniscayaan. Untuk mengelola sekolah menjadi maju tidak mudah dibutuhkan berbagai upaya dan strategi yang saling mendukung satu sama lain. Perlu kerja keras, kerjasama dan optimalisasi dari setiap lini, termasuk salah satunya manajemen komunikasi. Komunikasi dibutuhkan untuk mengelola organisasi agar visi dan misi dapat tercapai. Penelitian ini berupaya menganalisis dan menemukan :1) Perencanaan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. 2) Implementasi komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. 3) Implikasi Manajemen Komunikasi dalam meningkatkan Kinerja guru di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dari penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan,.Uji keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan Komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Ngunut dan SMA Islam Sunan Gunungjati Ngunut sebagai berikut: Perencanaan komunikasi akan meningkatkan kinerja guru jika dilakukan setiap perencanaan awal tahun, insendental serta rutin, berpola POAC setiap even, penyelesaian masalah berbasis tuntas, one way comunication dan two way comunication, perorangan, kelompok, pembinaan, dan MGMP internal sekolah, formal dan informal, rapat besar, komunikasi luwes kekeluargaan, mandat, dan pengukuhan Surat Keputusan (SK). (2) Implementasi Komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru jika dilakukan penerapan model Plan, Do, Check, Action, berpegang visi dan misi sekolah, rapat besar yayasan, kordinasi dan komunikasi, evalusi sebagai kontrol pencapaian program, pendelegasian wewenang, team work, pendampingan kerja, pelatihan, motivasi, dan penghargaan (reward). (3) Implikasi Manajemen komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru jika diikuti oleh: fungsi pendidikan berkualitas, peningkatan prestasi siswa-siswi, diikuti prestasi guru, sistem koordinasi lancar, budaya disiplin baru, peningkatan animo masyarakat, reward, keberkahan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1761154001 ADHIS 'UBAIDILLAH
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:25
Last Modified: 01 Jul 2024 05:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47941

Actions (login required)

View Item View Item