IMPLEMENTASI METODE MARKET PLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 8 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR

HARIS MUZZAMMIL, 126201203203 (2024) IMPLEMENTASI METODE MARKET PLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 8 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Market Place Activity dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kela 8 pada Mata Pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Kademangan Blitar” yang ditulis oleh Haris Muzzammil, NIM. 126201203203, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo., S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Metode Market Place Activity, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa masih banyak kita jumpai siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Banyak siswa yang menganggap bahwa materi yang mereka pelajari membosankan dan sulit untuk dipahami. Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan berbagai macam model dan metode pembelajaran. Pemilihan model dan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangatlah diperlukan, karena dengan pemilihan model dan metode yang menarik akan membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan motivasi belajarnya akan meningkat, salah satunya dengan menggunakan metode Market Place Activity (MPA). Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan metode Market Place Activity dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Kademangan Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Kademangan Blitar? (3) Bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran di kela 8 menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran PAI di UPT SMPN 2 Kademangan Blitar? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya dari Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Implementasi Metode Market Place Activity dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kela 8 pada Mata Pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Kademangan Blitar” maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan penerapan metode market place activity dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran PAI guru perlu menyusun perangkat pembelajaran diantaranya: silabus, RPP/Modul ajar, Prota, Promes, Jurnal Mengajar, model, metode, media, pendekatan, materi yang akan digunakan. Guru juga mempersiapkan kondisi kelas baik itu sarana prasarana dan lain-lainnya. (2) pelaksanaan implementasi metode market place activity dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran PAI yaitu membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, membagi materi dan media, guru memberikan penjelasan terkait proses pembelajaran, setiap kelompok akan berdiskusi untuk membuat media dan membagi tugas ada yang menjadi penjual dan pembeli. Kemudian siswa melakukan proses jual beli informasi. Setelah itu siswa akan mendiskusikan hasil dari proses jual beli. Saat proses pembelajaran guru dan siswa harus lebih aktif dan guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang kurang aktif agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Kerjasama setiap anggota kelompok sangat diperlukan saat menerapkan metode market place activity agar tugas bisa diselesaikan dengan baik. Motivasi siswa kelas 8 pada matapelajaran PAI juga meningkat karena adanya kerja sama dengan temannya, siswa dapat mengemukakan pendapat, ide dan bisa belajar dengan temannya. (3) Evaluasi dilakukan dengan cara observasi dan praktik. Evaluasi biasanya dilakukan 1 kali pada tiap pertemuan. Guru memberikan penghargaan kepada siswa/kelompok yang baik, dan memberikan hukuman kepada kelompok yang kurang baik. Adanya penghargaan dan hukuman kepada peserta didik yaitu untuk memberikan semangat kepada peserta didik agar mereka tetap semangat dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203203 HARIS MUZZAMMIL
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:16
Last Modified: 10 Jul 2024 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48150

Actions (login required)

View Item View Item