KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANI MUFIDAH, 126204203148 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Ani Mufidah, NIM. 126204203148, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Soal SPLDV, Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Konteks penelitian dalam skripsi ini membahas tentang kemampuan literasi matematika siswa, Kemampuan tersebut merupakan kemampuan seseorang dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk didalamnya bernalar secara matematis. Dengan demikian literasi matematika membantu seseorang untuk mengenali dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor pendukung kemampuan literasi matematika adalah gaya belajar. Faktor tersebut sangat penting pada saaat proses pembelajaran dalam menerima, mengolah dan mengingat informasi yang diperoleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Sumbergempol. Pengumpulan data dengan pemberian angket gaya belajar, pemberian tes, dan wawancara. Pemberian angket gaya belajar untuk membedakan gaya belajar setiap siswa. Nantinya dipilih masing-masing 2 siswa dengan hasil skor paling dominan untuk mewakili gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) serta diwawancarai mengenai kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika materi SPLDV. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua fase literasi matematika yakni merumuskan masalah (formulate), menggunakan matematika (employ) dan menafsirkan matematika (intepret). 2) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar auditori mampu memenuhi semua fase literasi matematika tanpa terkecuali yakni merumuskan masalah (formulate), menggunakan matematika (employ) dan menafsirkan matematika (intepret). 3) Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi fase merumuskan masalah (formulate), namun belum mampu memenuhi fase menggunakan matematika (employ) dan menafsirkan matematika (intepret).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203148 ANI MUFIDAH
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:21
Last Modified: 16 Jul 2024 05:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48697

Actions (login required)

View Item View Item