TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN USAHA PEDAGANG TEMPE DALAM MEMBERIKAN KUALITAS DAN KEPUASAN PADA KONSUMEN (Studi Kasus Pedagang Tempe Di Desa Mergayu Kecamatan Bandung Tulungagung)

TITI INTAN PERMATASARI, 126101203189 (2024) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN USAHA PEDAGANG TEMPE DALAM MEMBERIKAN KUALITAS DAN KEPUASAN PADA KONSUMEN (Studi Kasus Pedagang Tempe Di Desa Mergayu Kecamatan Bandung Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Titi Intan Permatasari, NIM 126101203189, Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan Usaha Pedagang Tempe Dalam Memberikan Kualitas Dan Kepuasan Pada Konsumen (Studi Kasus Pedagang Tempe Di Desa Mergayu Kecamatan Bandung Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing : Drs. Mashuri, M.H.I. Kata Kunci : Etika Bisnis, Persaingan Usaha Penelitian ini didasari oleh adanya persaingan dagang antara para pedagang tempe di desa Mergayu kecamatan Bandung kabupaten Tulungagung, yang dimana terdapat beberapa persaingan untuk meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan terbaik dari para pedagang serta menarik minat dari para konsumen agar memilih produk tempe yang ada di desa Mergayu kecamatan Bandung. Dalam hal ini etika bisni Islam menjadi pedoman atau suatu yang sangat penting diketahui dan dijalankan bagi para pengusaha dan pedagang muslim dalam melakukan aktivitas bisnisnya, terutama para pedagang tempe di desa Mergayu kecamatan Bandung kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan Usaha Pedagang Tempe Dalam Memberikan Kualitas Dan Kepuasan Pada Konsumen di Desa Mergayu Keacamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, (2) Untuk mengetahui persaingan usaha pedagang tempe dalam memberikan kualitas dan kepuasan pada konsumen di desa Mergayu kecamatan Bandung kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Hal ini dikarenakan metode kualitatif mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi fenomena serta mampu membuat laporan secara sistematis dan rinci terkait penelitian ini. Tehnik pengumpulan data menggunakan beberapa cara, seperti observasi yang merupakan proses kompleks suatu proses yang tersusun. Tehnik berikutnya wawancara, wawancara dengan pedagang maupun pembeli yang terkait dengan pokok permasalahan penelitian dan tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi yang dilakukan melalui berita internet ataupun jurnal lainnya. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan trugulasi agar data yang dilakukan benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan Usaha Pedagang Tempe Dalam Memberikan Kualitas Dan Kepuasan Pada Konsumen ini sudah mencakup lima prinsip ialah prinsip ketauhidan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip pertanggung jawaban, dan prinsip kebenaran. (2) Persaingan usaha pedagang tempe dalam memberikan kualitas dan kepuasan pada konsumen meliputi aspek persaingan produk, persaingan harga, persaingan pelayanan, persaingan layanan purna jual, dan persaingan tempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101203189 TITI INTAN PERMATASARI
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:11
Last Modified: 19 Jul 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48784

Actions (login required)

View Item View Item