ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Gedang Kane Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung)

SATRIYO SINGGIH BAYULEKSANA, 126402201016 (2024) ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Gedang Kane Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis Penerapan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Kuliner ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Gedang Kane Desa Plosokandang. Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung)" ini ditulis oleh Satriyo Singgih Bayuleksana, NIM 126402201016. pembimbing Prof. Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan bisnis yang berperan dalam perekonomian Indonesia terutama dalam sektor kuliner. Kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat dengan mengikuti perkembangan dari permintaan konsumen yang beragam. Pada era seperti ini, terlebih setelah masa Covid 19 bisnis kuliner mengikuti perkembangan teknologi dengan menerapkan system serba digital, seperti halnya dalam pemasaran (digital marketing) dan pembayaran (digital payment). Pemanfaatan ekonomi digital dalam bisnis kuliner memberikan dampak yang positif untuk pelaku usaha dan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Menganalisis dan mendeskripsikan penerapan ekonomi digital dalam digital payment di Gedang Kane Desa Plosokandang. Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung (2) Menganalisis dan mendeskripsikan penerapan ekonomi digital dalam digital marketing di Gedang Kane Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung (3) Menganalisis dan mendeskripsikan peran ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha Gedang Kane Desa Plosokandang. Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung (4) Menganalisis dan mendeskripsikan peran ekonomi digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha Gedang Kane Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penerapan ekonomi digital pada penjualan Gedang Kane Desa Plosokandang memberikan keuntungan yang cukup signifikan bagi pelaku usaha terhadap meningkatnya pendapatan. Perkembangan zaman yang diikuti seperti penerapan digital payment dan penggunaan media sosial menjadi strategi yang tepat dalam pemasaran sehingga dapat meraih kesuksesan. Serta UMKM Gedang Kane Desa Plosokandang dapat dikatakan sesuai dengan prinsip islam. Kata Kunci: Ekonomi Digital, Pendapatan, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201016 SATRIYO SINGGIH BAYULEKSANA
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:08
Last Modified: 30 Jul 2024 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49103

Actions (login required)

View Item View Item