ISMA HUSNA LAILI MUTAFARIDHO, 1880505220023 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR (BURNOUT STUDY) PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Multisitus di MI Raudlatut Tholabah Kranding dan MI Nurul Auliya’ Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
||
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
||
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Isma Husna Laili Mutafaridho, 2024, Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar (Burnout Study) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi Multisitus di MI Raudlatut Tholabah Kranding dan MI Nurul Auliya’ Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri)”, Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1) Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I., 2) Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kejenuhan Belajar. Permasalahan yang sering menimpa peserta didik ketika proses pembelajaran yaitu munculnya rasa jenuh ketika belajar, mereka merasa jenuh dan lelah secara mental maupun fisik. Rasa jenuh dapat dialami oleh siapa saja, termasuk peserta didik yang merasa jenuh ketika sedang belajar pada waktu tertentu. Ketika peserta didik mengalami kejenuhan belajar, biasanya hal tersebut akan berdampak buruk pada hasil belajarnya. Meskipun waktu belajarnya cukup lama, namun hasilnya tidak akan maksimal, karena di saat kondisi jenuh, maka sistem otak tidak akan bekerja sesuai harapan. Peserta didik yang jenuh dalam belajar tak jarang pula lupa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru, dan lupa terhadap tugas pekerjaan rumah. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan terutama sebagai guru wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, selain itu guru juga harus memiliki strategi yang baik dan cocok untuk anak didiknya. Hal ini juga terjadi di MI Raudlatut Tholabah Kranding dan MI Nurul Auliya’ Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar (Burnout Study) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Raudlatut Tholabah Kranding dan MI Nurul Auliya’ Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar (Burnout Study) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Raudlatut Tholabah Kranding dan MI Nurul Auliya’ Tambak Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi pasrtisipan, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan mulai dari analisis data tunggal dan analisis data multisitus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab yaitu sebelum pembelajaran guru memahami karakter peserta didik dan mendesain penilaian. 2) Pelaksanaan pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab yaitu guru selalu mengubah posisi tempat duduk peserta didik, guru menyampaikan sedikit dialog tentang materi yang akan dipelajari dengan peserta didik, guru berusaha menghidupkan suasana kelas dengan berbagai metode, guru bersikap humoris, guru menerapkan metode pembelajaran yang menarik, dan guru mengadakan persaingan yang sehat. 3) Evaluasi pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik yaitu guru memberikan kuis kepada peserta didik dan memberikan reward kepada peserta didik yang mampu menjawab dengan cepat dan tepat.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220023 ISMA HUSNA LAILI MUTAFARIDHO |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49196 |
Actions (login required)
View Item |