IMPLEMENTASI MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung)

MOH. GUFRON, 12950121052 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Disertasi dengan Judul Implementasi Manajemen Public Relation Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung)” yang ditulis oleh Moh. Gufron dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. dan Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Majemen Public Relation, Kepercayaan Masyarakat Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh pemilihan media komunikasi humas yang tepat erat kaitannya dengan keberhasilan informasi yang akan disampaikan kepada publik dan perencanaan di awal periode sehingga pelaksanaan berjalan lancar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi media sosial dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung; implementasi Kompetensi SDM dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung; implementasi word of mouth dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ) Tebuireng Jombang dan Pondok Pesantren Roudhotul Mustofa Rejotangan Tulungagung Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah l) Kondensasi data 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan dalam pengamatan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi media sosial dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat diantaranya penggunaan beberapa media baru yang umumnya di kenal dengan media sosial dalam proses penyebaran informasi kepondokan, melalui WhatsApp, Instagram, facebook, TikTok dan YouTube. Selain itu juga menggunakan media lama atau old media yang memiliki sistem seperti media baru seperti adanya penayangan secara digital menggunakan jaringan internet. Pemanfaatan old media sebagai media penyebaran informasi kepondokan, humas pesantren melalui majalah. 2) Implementasi kompetensi SDM dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dilakukan dengan adanya pelatihan jurnalistik untuk mengembangkan bakat dan minat; Pameran Publikasi Karya Pondok Pesantren yang kegiatan dan hasil karya santri bisa ditampilkan dimedia ofline maupun online dengan harapan masyarakat luas lebih mengenal pesantren dan memberikan manfaat positif bagi pesantren sehingga dapat kepercayaan masyarakat; pelatihan pengelolaan media sosial sebagai media humas pondok pesantren; pelatihan public speaking merupakan salah satu pelatihan untuk melatih dan mengasah kemampuan berbicara dan menyampaikan informasi yang dilakukan secara tatap muka melalui berbagai presentasi, MC dan memimpin rapat dalam berbagai pertemuan. 3) Implementasi word of mouth dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dilakukan dengan promosi dari mulut ke mulut dengan bantuan para alumni, wali santri dan guru tidak langsung melalui berbagai media, santri baru atau masyarakatpun akan tertarik. Upaya dengan menggunakan taktik mendorong atau merangsang yang dilakukan pondok pesantren MQ dalam meningkatkan jumlah santri melalui publikasi di media masa. Upaya mempengaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan dengan melakukan kegiatan sosialisasi atau berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat yang berpotensi mendukung tercapainya tujuan Public Relations. Pengasuh Pondok Pesantren MQ mempengaruhi opini publik dengan membangun citra yang positif terhadap masyarakat serta sering mengadakan atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Item Type: Disertasi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121052 MOH. GUFRON
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:19
Last Modified: 25 Jul 2024 05:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49326

Actions (login required)

View Item View Item