PANDANGAN HIDUP MASYARAKAT BATAK PADA NOVEL BAPAK KAPAN KITA AKAN BERDAMAI? KARYA REGZA SAJOGUR DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

AMALIA NURO AN NISA', 126210201035 (2024) PANDANGAN HIDUP MASYARAKAT BATAK PADA NOVEL BAPAK KAPAN KITA AKAN BERDAMAI? KARYA REGZA SAJOGUR DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

An Nisa’, Amalia Nuro, 2024. Pandangan Hidup Masyarakat Batak pada Novel Bapak Kapan Kita akan Berdamai? Karya Regza Sajogur dan Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: pandangan hidup, Batak, novel, pembelajaran sastra Suatu karya sastra, terutama novel tidak akan lepas dari pengarang sebagai makhluk hidup yang hidup dalam konteks masyarakat. Oleh karena itu, gagasan atau ide yang ditulis pengarang sedikit-tidaknya merepresentasikan pandangan hidup masyarakat tempat pengarang pernah hidup dan berasal. Pada konteks penelitian ini, pengarang novel yang diteliti berasal dari latar belakang budaya Batak, sehingga sedikit tidaknya novel tersebut mereperesentasikan pandangan hidup masyarakat Batak. Penelitian ini berusaha mengkaji pandangan hidup masyarakat Batak yang terdapat pada Novel Bapak Kapan Kita akan Berdamai? karya Regza Sajogur dan relevansi pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan hidup masyarakat Batak dalam Novel Bapak Kapan Kita akan Berdamai? dan mendeskripsikan relevansinya sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis metode penelitian ini adalah analisis isi konten (content analysis). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi sastra. Kemudian data pada penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Data pada penelitian ini adalah primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini novel Bapak Kapan Kita akan Berdamai? sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa artikel atau karya ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan analisis data, pandangan hidup masyarakat Batak yang terdapat pada novel Bapak Kapan Kita Berdamai? berupa falsafah yang terkait pengharapan hidup masyarakat Batak yaitu hagabeon (memiliki keturunan), hasangapon (memiliki kehormatan), hamoraon (memiliki kekayaan). Adapun bentuk data yang ditemukan yaitu: 1). hagabeon (memiliki keturunan) diwujudkan melalui memiliki anak dan cucu. 2). hasangapon (kehormatan) diwujudkan melalui diakui arif atau bijaksana oleh orang lain, memiliki pendidikan setinggi-tingginya, dan memiliki jabatan 3) hamoraon (kekayaan) diwujudkan melalui kerja keras, memiliki sumber penghasilan/pekerjaan yang bagus, dan memiliki kekayaan materi.. Kemudian terkait relevansi pandangan hidup masyarakat Batak Pada novel Bapak Kapan Kita akan Berdamai? dapat digunakan dalam pembelajaran sastra dengan KD 3.8 Menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan dari novel yang dibaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Novel
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201035 AMALIA NURO AN NISA'
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:35
Last Modified: 30 Jul 2024 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49479

Actions (login required)

View Item View Item