PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG

RIZQI THOWILATUL UMMURIYAH, 126205203227 (2024) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BANTUAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) dengan Bantuan Media Konkret pada Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqi Thowilatul Ummuriyah, NIM 126205203227, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Numbered Head Together (NHT), Media Konkret, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 3 Tulungagung. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dilakukan masih cenderung monoton dan tidak ada inovasi. Penerapan model pembelajaran dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran beserta media ajar sebagai pelengkap. Model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media konkret dipakai peneliti dalam penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV MIN 3 Tulungagung, 2) Pelaksanaan model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media konkret di kelas IV MIN 3 Tulungagung 3) Pengaruh model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media konkret terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di MIN 3 Tulungagung dengan sampel kelas B dan kelas C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas) dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas IV B dan C tergolong rendah, yakni sebesar 60% pada pengujian menggunakan instrumen penelitian. 2) Pelaksanaan model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media konkret pada kelas eksperimen dirasa menarik terlihat dari respon dan aktivitas siswa yang aktif. 3) Ada pengaruh model Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media konkret dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 3 Tulungagung. diartikan sesuai dengan kriteria bahwa 0.000 < 0.05. Maka dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203227 RIZQI THOWILATUL UMMURIYAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:52
Last Modified: 31 Jul 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49522

Actions (login required)

View Item View Item