STRATEGI PENGELOLA PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro)

NADIF MOCHLISIN, 126402201006 (2024) STRATEGI PENGELOLA PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelola Pasar dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro” ini ditulis oleh Nadif Mochlisin, NIM. 126402201006, pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S., M. Pd. Salah satu kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari memerlukan adanya pasar sebagai sarana pendukungnya, pasar akan maju apabila pengelolaannya berjalan dengan baik, namun sebaliknya jika pengelolaannya tidak berjalan dengan baik maka akan mengakibatkan kerugian, baik dalam pasar tersebut ataupun bagi mitra kerjannya. Pasar Kapas merupakan pasar tradisional yang diminati banyak masyarakat di kawasan bojoneogoro. Dalam hal pengelolaan pasar kapas masih tergolong sangat baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi penegelola pasar kapas dalam meningkatkan pendapatan pedagang di pasar kapas kabupaten bojonrgoro? (2) Apa kendala pengelola pasar kapas dalam meningkatkan pendapatan pedagang di pasar kapas kabupaten bojonegoro? (3) Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku ekonomi pedagang pasar kapas kabupaten bojonegoro? Adapun tujuan yang akan dicapai adalah (1) Mendeskripsikan Strategi Pengelola Pasar dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang di Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro. (2) Mendeskripsikan Kendala Pengelola Pasar dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang di Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro. (3) Mendeskripsikan Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Ekonomi Pedagang di Pasar Kapas Kabupaten Bojonegoro. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah Data Primer dan Data Sekunder. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Strategi pengelola pasar kapas dalam meningkatkan pendapatan pedagang yaitu melakukan pembangunan insfrastruktur, pengawasan terhadap kegiatan sehari-hari pasar, peningkatan Sumber Daya Manusia melalui sosiali berjualan online, pengolahan sampah pasar yang berkeja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dalam mendaur ulang sampah sayuran, penataan lahan parkir pasar dan kegiatan sosial Jumat Berkah. (2) Kendala pengelola pasar kapas dalam meningkatkan pendapatan pedagang yaitu maraknya jualan online, sarana prasarana yang kurang memadai, luas lahan pasar yang semput dan anggaran yang minim. (3) Tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku ekonomi pedagang secara umum perilaku ekonomi yang ada di Pasar Kapas baik dari sisi pedagang, pengelola, dan barang dagangan yang dijual tidak melanggar syariat Islam. Etika berbisnis pedagang yang ada di Pasar Kapas seperti kejujuran, barang dagangan yang dijual belikan, upaya yang dilakukan untuk menghindari gharar semua aspek tersebut bisa dikatakan baik. Kata Kunci: Strategi, Pengelola pasar, Pendapatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201006 NADIF MOCHLISIN
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:25
Last Modified: 01 Aug 2024 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49782

Actions (login required)

View Item View Item