NOVIA ROHMATUL AWALIYAH, 2811133203 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (147kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (177kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Novia Rohmatul Awaliyah, NIM. 2811133203, Tahun 2017, Strategi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa di MAN Trenggalek, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. pembimbing: Dr. Hj. Elfi Muawanah, S. Ag, M. Pd Latar belakang penulisan skripsi ini di dasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu mengalami perkembangan dan tantangan semakin besar, maka kualitas pembelajaran juga harus ditingkatkan. Selain itu, biasanya pembelajaran hanya menghasilkan segelintir siswa yang berhasil, sebagian besarnya kurang tertangani dengan baik. Oleh karena itu peneliti meneliti strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak siswa di MAN Trenggalek? (2) Apa faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak siswa di MAN Trenggalek. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak dan mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak. Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan pembelajaran akidah akhlak, sebagai dasar pijakan dalam langkah-langkah yang akan dijalankan oleh sekolah dimasa yang akan datang, dan sebagai bahan evaluasi bagi pihak sekolah untuk mendukung upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: (1) Jenis atau pola penelitian kualitatif, (2) Sumber Data : narasumber, dan data sekolah, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam kepada Waka, guru dan siswa, observasi, dan dokumentasi, (4) Teknik Analisis Data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak antara lain dengan mengedakan bimbingan kepada guru mata pelajaran dan mengikutsertakan guru dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga keprofesian, menambahkan materi baru berupa dalil-dalil, motivasi dan kisah inspiratif, memilih metode pembelajaran yang aktif, sumber belajar tidak hanya berkutat pada LKS dan modul akan tetapi memakai Al quran dan hadits sebagai sumber pokok dan media sosial. (2) Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak di MAN Trenggalek antara lain, faktor guru, siswa dan sarana prasarana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133203 NOVIA ROHMATUL AWALIYAH |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 07:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4985 |
Actions (login required)
View Item |