PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

JIHAN RATNADIA UMAILIA, 126306202078 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Bimbingan Konseling Islam tahun 2021 yang berjumlah 134 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probality Sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57. Instrument penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu, skala motivasi belajar, skala regulasi diri, dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil dari uji T menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap variabel prokrastinasi akademik yakni sebesar -8,010. Sedangkan secara parsial pengaruh variabel regulasi diri terhadap variabel prokrastinasi akademik yakni sebesar -3,492. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh secara bersama-sama sebesar 49.039 antara variabel motivasi belajar dan variabel regulasi diri terhadap variabel prokrastinasi pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Karir
Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306202078 JIHAN RATNADIA UMAILIA
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:49
Last Modified: 01 Aug 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49850

Actions (login required)

View Item View Item