PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI SMA An-Nur BULULAWANG MALANG

M LUKMAN HAKIM LUTFIANTO, 126211202057 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI SMA An-Nur BULULAWANG MALANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termodinamika Kelas Xi Sma An-Nur Bululawang Malang” ini ditulis oleh M Lukman Hakim Lutfianto, NIM. 126211202057, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis. `penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlaksananya pembelajaran yang maksimal dengan model pembelajaran konvensional, siswa belum terlibat langsung dan belum aktif secara maksimal dalam pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing agar siswa dapat terlibat langsung dan memecahkan masalah yang ada dengan bimbingan guru. dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis agar dapat diketahui perbandingan antara sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah. (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) rancangan penelitian ini menggunakan Nonequivalent Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI putra SMA An-Nur Bululawang Malang tahun ajaran 2023-2024 yaitu 212 siswa. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Model pembelajaran Inkuiri terbimbing digunakan pada kelompok eksperimen yaitu kelas XI-2, sedangkan pembelajaran konvensional digunakan pada kelompok kontrol yaitu kelas XI-1. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian yang pertama uji validitas dan reliabilitas selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji t-sampel bebas dan uji MANOVA. Dari hasil penelitian, (1) diketahui pembelajaran dengan nilai signifikansi adalah 0,016, maka 0,016 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang, (2) nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,042, maka 0,042 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang, (3) nilai signifikansi hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,010 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kelas XI SMA An-Nur Bululawang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202057 M. LUKMAN HAKIM LUTFIANTO
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:24
Last Modified: 21 Aug 2024 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49958

Actions (login required)

View Item View Item