MINDFUL PARENTING PADA ORANG TUA TUNGGAL DENGAN ANAK TUNAGRAHITA: STUDI KASUS DI DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

TRI WAHYUNINGSIH, 126308203210 (2024) MINDFUL PARENTING PADA ORANG TUA TUNGGAL DENGAN ANAK TUNAGRAHITA: STUDI KASUS DI DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengasuh anak bukanlah tugas yang sederhana bagi setiap orang tua, terutama bagi mereka yang menjalani peran sebagai orang tua tunggal. Secara mendasar, setiap orang tua perlu memiliki pemahaman yang baik tentang metode pengasuhan yang sesuai karena akan berpengaruh pada perkembangan anak, baik secara mental maupun fisik. Cara orang tua mendidik anak akan menjadi faktor yang akan menjadi penentu dalam kemajuan anak. Mindful parenting dianggap sebagai pola asuh yang tepat untuk membantu orang tua mengatasi stress dan meningkatkan kualitas hubungan interaksi antara orangtua dengan anak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya mindful parenting dalam pengasuhan anak dengan gangguan tunagrahita. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus karena peneliti ingin menemukan fakta tentang “mindful parenting pada orangtua tunggal terhadap anak tunagrahita” yaitu pada penelitian ini menunjukkan bahwa mindful parenting dapat meningkatkan kualitas hubungan antara orangtua dengan anak. Metode ini mengutamakan kemampuan analisis peneliti dalam menggali dan memahami inti dari permasalahan yang sedang terjadi serta menekankan pemahaman terhadap pengasuhan mindful parenting yang dilakukan oleh orang tua tunggal dengan anak xiv tunagrahita. peneliti memilih informan yaitu saudara terdekatnya subjek penelitian. dalam metode ini, data dikumpulkan dengan metode triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ayah yang memiliki anak dengan gangguan tunagrahita mampu mengasuh anaknya seorang diri dengan mengedepankan mindfull parenting dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara subjek mengasuh anaknya dengan memenuhi kelima aspek yang dibutuhkan dalam mindful parenting yaitu mendengarkan dengan penuh perhatian, penerimaan untuk tidak menghakimi diri sendiri dan anak, kesadaran emosi diri dan anak, pengaturan diri dalam pengasuhan, dan pemberian kasih sayang pada diri dan anak. Kata kunci : Mindul Parenting, Orang Tua Tunggal

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Psikologi > Psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308203210 TRI WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:24
Last Modified: 02 Aug 2024 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50028

Actions (login required)

View Item View Item