PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMPN 1 NAWANGAN PACITAN

ZAHROTUL HIDAYAH, 126201203235 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMPN 1 NAWANGAN PACITAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Think Pair Share Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Nawangan Pacitan" ditulis oleh Zahrotul Hidayah (126201203235). Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Think Pair Share, Keaktifan Belajar. Keberhasilah dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran. Di sekolah masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi metode ceramah. lama kelamaan pasti peserta didik akan merasa jenuh karena hanya menjadi pendengar, akhirnya tidak fokus, malas, mengantuk dan tidak aktif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu Model pembelajaran kooperatif, yang salah satunya yaitu model pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Think Pair Share (TPS) terhadap keaktifan belajar peserta didik pda mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Nawangan Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Nawangan Pacitan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 189 peserta didik. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 62 peserta didik yang terdiri dari kelas VII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik dan kelas VII F sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji beda mann withney dan N-Gain Score. Hasil penelitian adalah : (1) berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh sig.(2-tailed) sebesar 0.039 nilai <0,05. Dengan demikian Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran cooperative think pair share pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Nawangan Pacitan. (2) Nilai rata-rata N-gain score posttest / pasca-perlakuan untuk kelas ekperimen adalah sebesar 0.55 nilai >0,3 sehingga tergolong kriteria sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-gain score posttest / pasca-perlakuan untuk kelas control sebesar 0.05 nilai <0.3 sehingga tergolong kriteria rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran cooperative think pair share terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP N 1 Nawangan Pacitan tergolong efektik dengan kriteria sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203235 ZAHROTUL HIDAYAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:12
Last Modified: 09 Aug 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50446

Actions (login required)

View Item View Item