فعالية تطبيق الطريقة الإستفسارية الموجهّة لترقية مهارة الكتابة والتفكير النقدي لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية معارف باكونج اوداناوو

MARIA ULFA, 126202201002 (2024) فعالية تطبيق الطريقة الإستفسارية الموجهّة لترقية مهارة الكتابة والتفكير النقدي لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية معارف باكونج اوداناوو. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Metode Guide Inquiry untuk Meningkatkan Maharah Kitabah dan Berfikir Kritis Siswa kelas X di MA Ma'arif Bakung Udanawu” ditulis oleh Maria Ulfa (126202201002) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Guide Inquiry, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah kitabah, Berfikir Kritis Latar belakang : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Berdasarkan observasi yang dilakukan di MA Maarif Bakung Udanawu ditemukan adanya faktor kesulitan di dalam kelas X MA Ma'arif Bakung Udanawu pada materi Tarkib Aqsamul Fi'il pada mata pelajaran bahasa Arab, siswa banyak yang pasif dan ragu dengan kemampuannya menyusun gramatikal arab sehingga siswa hanya menggantungkan pengetahuannya pada gurunya saja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Keefektifan penggunaan Metode Guide Inquiry untuk Meningkatkan Maharah Kitabah siswa di kelas X di MA Ma'arif Bakung Udanawu? 2) Bagaimana Keefektifan penggunaan Metode Guide Inquiry untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa di kelas X di MA Ma'arif Bakung Udanawu? 3) Bagaimana Keefektifan penggunaan Metode Guide Inquiry untuk Meningkatkan Maharah Kitabah dan Berfikir Kritis Siswa kelas X di MA Ma'arif Bakung Udanawu? Metode penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probibility (teknik pengambilan sampel dengan melihat peluang tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat efektivitas penggunaan Metode Guide Inquiry untuk meningkatkan Maharah Kitabah di MA Ma'arif Bakung Udanawu dibuktikan terlihat bahwa dari hasil pengujian anova dapat diketahui nilai signifikansi (Sig) adalah 0,288 dan F hitung adalah 33,758. 2) Terdapat efektivitas penggunaan Metode Guide Inquiry untuk meningkatkan Berfikir Kritis di MA Ma'arif Bakung Udanawu dibuktikan terlihat bahwa dari hasil pengujian anova dapat diketahui nilai signifikansi (Sig) adalah 0,210 dan F hitung adalah 33,758. 3) Terdapat efektivitas penggunaan Metode Guide Inquiry untuk meningkatkan Maharah Kitabah dan berfikir kritis di MA Ma'arif Bakung Udanawu dibuktikan terlihat bahwa dari hasil pengujian anova dapat diketahui nilai signifikansi (Sig) adalah 0,310 dan F hitung adalah 33,75.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201002 MARIA ULFA
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:22
Last Modified: 12 Aug 2024 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50569

Actions (login required)

View Item View Item