PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII DI SMPN 1 PATIANROWO NGANJUK

ULFATUL MUALLIFAH, 126211201020 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII DI SMPN 1 PATIANROWO NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Selain itu, model pembelajaran konvensional di kelas, terutama untuk materi pelajaran IPA, dapat menyebabkan kebosanan siswa dan penurunan prestasi belajar. Hal ini dikarenakan tidak semua materi pelajaran disampaikan dengan variasi model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar yang sudah ditetapkan. Salah satu model yang dapat guru gunakan adalah pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penerapan model pembelajaran tipe Cooprative Integreted Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Antusiasme siswa dalam belajar juga meningkat sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, efektif dan bermakna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. 2) adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. 3) adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Patianrowo Nganjuk sejumlah 262 siswa dengan sampel kelas VIII F sebanyak 28 siswa dan VIII G sebenyak 28 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling peneliti bertujuan untuk memperoleh data yang dapat mewakili populasi. Cara pengumpulan data oleh peneliti yaitu menggunakan angket motivasi serta memberikan soal pretest dan posttest. Teknik analsisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah uji intrumen berupa uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat meliputi uji homogenitas dan normalitas, serta uji hipotesis statistik parametrik berupa uji t dan statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. Hal ini didasarkan atas perolehan nilai signifikansi yaitu 0,023 < 0,05. 2) ada pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. Hal ini didasarkan atas perolehan signifikansi yaitu 0,015 < 0,05. 3) ada pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik kelas VIII di SMPN 1 Patianrowo Nganjuk. Hal ini didasarkan atas perolehan nilai Asymp. Sig. 0,004 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Optik
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201020 ULFATUL MUALLIFAH
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:14
Last Modified: 12 Aug 2024 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50613

Actions (login required)

View Item View Item